Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketertarikan Gen Z Pada Pertanian Hidroponik

Authors

  • Rananda Septanta Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Apriyani Putri Marwati Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Lina Agustin Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Melisa Ariyanti Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Sartika Briyasera H Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang pertanian yang semakin pesat setiap tahunnya masyarakat khususnya petani yang tertinggal dalam memanfaatkan kemajuan teknologi tidak akan memperoleh keuntungan yang maksimal dari kegiatan usaha yang dilakukannya. Salah satu teknologi yang patut disebarluaskan adalah teknologi hidroponik, hal ini dikarenakan semakin langkanya lahan pertanian akibat banyaknya sektor industri dan jasa, sehingga kegiatan usaha pertanian konvensional semakin tidak kompetitif akibat tingginya harga lahan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan informasi tentang cara bercocok tanam dengan media hidroponik. Hidroponik menggunakan air sebagai media tanamnya. Hidroponik tidak membutuhkan banyak air dan melakukan penyiraman seperti tanaman yang ditanam seperti tanah. Metode Pengabdian masyarakat yang kami lakukan adalah seminar dan diskusi. Dan Populasi dalam kegiatan Pengabdian masyarakat ini sebanyak 9 orang yang semuanya merupakan anak Panti Asuhan Ishalul Hayat 3 yang terletak di Pondok Benda Kawasan Pamulang Tangerang Selatan. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pmkm ini didapatkan para peserta menjadi lebih paham tentang cara bercocok tanam dengan media hidroponik. Diharapkan dengan adanya kegiatan pmkm ini para peserta dapat memanfaatkan lahan sempit untuk digunakan bercocok tanam dengan menggunakan teknik hidroponik.

 

 

Kata Kunci: Peningkatan; Hidoponik; Media Tanam

Author Biography

Lina Agustin, Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

References

Krismawati, A. (2012). Teknologi Hidroponik Dalam Pemanfaatan Lahan Pekarangan.

Lingga, P. (2004). Bercocok Tanam Tanpa Tanah.

Lingga, P. (1984). Hidroponik: Bercocok tanam tanpa tanah.

Musyarofah. (2010). Pembudidayaan Tanaman Secara Hidroponik Guna Pemanfaatan Lahan Sempit.

Narulita, N. H. (2019). Pengaruh Sistem dan Konsentrasi Nutrisi Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Secara Hidroponik. Jurnal Penelitian Pertanian.

Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan lahan dengan menggunakan sistem hidroponik.

Widyartanti, J. E. (2020). Mengenal Hidroponik, Sejarah dan Perkembangan Dari Waktu ke Waktu.

Saputra, H. R. (2018). Desa Wisata Hidroponik Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Desa Sidomulyo Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 587.

Downloads

Published

2023-03-20