Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kreativitas Remaja

Authors

  • Mesrawati Waruwu Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Dewiani Gulo Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Devy Anasefitri Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Viona Selia Mazid Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Sampah menjadi salah satu permasalahan yang cukup sulit di tangani Indonesia. Hal ini terjadi karena kebiasaan masyarakatnya sebagai konsumen yang selalu menghasilkan sampah Oleh karena itu dengan mengubah sampah terutama sampah plastik atau botol plastik menjadi barang yang dapat digunakan kembali dan dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Dengan diadakannya pelatihan kreasi upaya memberikan pengetahuan sekaligus pelatihan kepada remaja SMP Islamiyah mengenai pemanfaatan barang bekas menjadi kerajinan tangan, meningkatkan kreativitas siswa/i dalam pemanfaatan barang bekas dan meminimalisir pencemaran lingkungan dengan memanfaatkan sampah. Kegiatan dilakukan dengan pemberian materi dan praktek cara membuat kerajinan tangan dengan berbahan botol plastik yang sudah tidak terpakai. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan siswa/i lebih terampil dalam membuat kerajinan tangan berbahan dasar botol bekas dan memiliki kreativitas dalam memanfaatkan barang bekas. Barang bekas sangat bagus untuk dimanfaatkan kembali, dimana barang bekas dapat dipergunakan untuk menjadi barang yang berguna kembali dan bernilai jual tinggi sehingga siswa/i pun dapat menanamkan wirausaha dimana terciptanya peluang usaha yang menghasilkan keuntungan yang baik.

Kata Kunci : Barang Bekas, Meningkatkan Kreativitas remaja

References

Putri, R. F. (2018). Pelatihan pemanfaatan barang bekas menjadi barang yang bernilai ekonomi. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 150-155.

Laila, A., & Sahari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).

Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 215-225.

Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.

Agustina, S., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui bermain dengan barang bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24-33.

Agustina, R. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran SBK. Joyful Learning Journal, 7(3), 75-79.

Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati, E., & Putri, E. I. E. (2021). Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 092-100.

Rahmawati, N., Arkam, R., & Mustikasari, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berkarya Seni Rupa melalui Media dari Barang Bekas. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Downloads

Published

2023-03-20