Motivasi Peningkatantan Kepercayaan Diri Melalui Prestasi Belajar

Authors

  • Noviyanti Dewi Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Riski Anjarwati Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Juliansyah Rizal Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan
  • Nur Ikhsan Fathony Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan

Abstract

Di era Digital saat ini banyak dampak yang berpengaruh terhadap pendidikan Anak Sekolah sehingga menyebabkan fokus hingga prestasi belajar menjadi menurun. Era Digital tidak selamanya memberikan dampak positif terhadap pendidikan atau pembelajaran yang dilakukan oleh seorang anak. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan motivasi atau kesadaran yang diberikan kepada anak sekolah agar dapat konsisten belajar hingga meraih prestasinya di Sekolah, hal ini kemudian menjadi sebab Kelompok kami melakukan penyuluhan/peningkatan motivasi pada Yayasan Islahul Hayat Tangerang Selatan sebagai bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang. Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Anak-anak yang bermukim/dinaungi Yayasan Ishlahul Hayat Tangerang Selatan. Metode pengabdian kepada masyarakat yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam pengabdian kepada masyarakat ini yang menjadi sumber data adalah Anak-anak yang bermukim/dinaungi Yayasan Ishlahul Hayat Tangerang Selatan. Hasil menunjukkan bahwa menurunnya hasil belajar siswa tersebut diakibatkan beberapa faktor. Baik faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri maupun faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa (lingkungan siswa itu sendiri). Adapun faktor yang berasal dari diri siswa/anak Yayasan Ishlalhul Hayat (internal) adalah: a) Faktor Jauh dari Keluarga, b) Faktor Kepercyaan Diri, c) Faktor waktu, d) Cara belajar, f) Motivasi yang tidak stabil, Itulah faktor yang berasal dari diri siswa di Yayasan Ishlahul Hayat, sehingga hasil belajar siswa akhir-akhir ini mengalami penurunan. Adapun faktor eksternal yaitu faktor yang berada diluar diri siswa atau individu (lingkungan siswa itu sendiri) antara lain: a) Lingkungan Yayasan, b) Lingkungan Sekolah, c) Lingkungan Masyarakat. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan hasil belajar siswa adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa setelah mengikuti suatu proses belajar.

 

Kata Kunci: Motivasi, Belajar, Kepercayaan Diri, Yayasan

References

Abu Ahmadi, Drs. H. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. 2005 Atang Kusdinar, dkk. (1992). Hakikat Hasil Belajar. (cetakan ke 2). Bandung.

Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Adywibowo, I. P. (2010). Memperkuat Kepercayaan Diri Anak melalui Percakapan Referensial. Jurnal Pendidikan Penabur, 37.

Deni, A. U. & I. (2016). Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri, 2, 43–52.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, 4, 1–5.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Herlina. (2013). Mengatasi Masalah Anak dan Remaja Melalui Buku. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.

Downloads

Published

2023-03-20