DAMPAK GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL
Abstract
Dunia sudah memasuki era baru yaitu era teknologi dan komunikasi. Perkembangan teknologi dan komunikasi ini terjadi sangat pesat, teknologi terus menciptakan berbagai macam jenis gadget yang memiliki klasifikasi sebagai gadget high technology. Pada umumnya teknologi (gadget) telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan agar tetap menggunakan internet lewat gadgetnya dengan cerdas. Namun dewasa ini gadget dalam penggunaannya sering kali terjadi secara berlebihan dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Pengaruh tersebut dapat dirasakan baik pada diri tersebut dan pada orang yang berada disekitar penggunanya. Penggunaan gadget (smartphone) yang terlalu berlebihan dantidak sewajarnya akan menimbulkan pengaruh terhadap kepribadian dan karakter peserta didik. Kepribadian peserta didik seharusnya menjadi perhatian khusus dalam menanamkan karakter kepada mereka. Karena antara kepribadian dan karakter tersebut akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh-kembang peserta didik. Bentuk penggunaan gadget pada anak sangat beragam mulai dari nonton youtube yaitu dengan melihat video animasi nusa dan rara, melihat video pembelajaran, dan video-video game yang ada di youtube, Sedangkan ada juga dengan bermain game diantaranya game mobile legend, cooking faver, dan truk kontruksi permainan anak.Kata Kunci: Teknologi; Komunikasi; Dampak GadgetReferences
Ghofururrohim, N. M., Wicaksono, R. N., & Faristiana, A. R. (2023).
Pengaruh Smartphone Terhadap Anak Usia Dini. Education: Jurnal
Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(2), 129-146.
Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, D. M.,
& Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada
Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal
on Education, 6(1), 307-316.
Kurniawati, O., & Junanto, S. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET
TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK
MARDIRAHAYU SURAKARTA TAHUN 2022/2023 (Doctoral
dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta).
Lestari, I., Riana, A. W., & Taftazani, B. M. (2015). Pengaruh gadget
pada interaksi sosial dalam keluarga. Prosiding Penelitian Dan
Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Lioni, T., Holilulloh, H., & Nurmalisa, Y. (2014). Pengaruh penggunaan
gadget pada peserta didik terhadap interaksi sosial. Jurnal Kultur
Demokrasi, 2(2).
Maulida, H. (2013). Menelisik pengaruh penggunaan aplikasi gadget
terhadap perkembangan psikologis anak usia dini. Jurnal Ilmiah
Teknologi Pendidikan, 2(1),1-11.
Munisa, M. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap interaksi
sosial anak usia dini di tk panca budimedan. Jurnal Abdi Ilmu,
(1), 102- 114.
Nim, S. (2023). PENGGUNAAN GADGET PADA PENGEMBANGAN
INTERAKSI SOSIAL ANAK DI RA AL-HIDAYAH DESA SILEA KAB.
KONAWE (Doctoral dissertation, IAIN KENDARI).
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap
kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.
Rantika, S. (2023). Layanan konseling teman sebaya dalam
meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas viii mts negeri 2
bandar lampung (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).
Retalia, R. (2020). Dampak Intensitas Penggunaan Smartphone
Terhadap Interaksi Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education,
Psychology and Counseling, 2(2), 45-55.