DAMPAK GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL

Authors

  • Anggraini Anggraini Universitas Pamulang
  • Alda Julianti Universitas Pamulang
  • Leli Dewi Oktoviana Universitas Pamulang
  • Riri Ageng Puspita Universitas Pamulang

Abstract

Dunia sudah memasuki era baru yaitu era teknologi dan komunikasi. Perkembangan teknologi dan komunikasi ini terjadi sangat pesat, teknologi terus menciptakan berbagai macam jenis gadget yang memiliki klasifikasi sebagai gadget high technology. Pada umumnya teknologi (gadget) telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan agar tetap menggunakan internet lewat gadgetnya dengan cerdas. Namun dewasa ini gadget dalam penggunaannya sering kali terjadi secara berlebihan dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Pengaruh tersebut dapat dirasakan baik pada diri tersebut dan pada orang yang berada disekitar penggunanya. Penggunaan gadget (smartphone) yang terlalu berlebihan dantidak sewajarnya akan menimbulkan pengaruh terhadap kepribadian dan karakter peserta didik. Kepribadian peserta didik seharusnya menjadi perhatian khusus dalam menanamkan karakter kepada mereka. Karena antara kepribadian dan karakter tersebut akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh-kembang peserta didik. Bentuk penggunaan gadget pada anak sangat beragam mulai dari nonton youtube yaitu dengan melihat video animasi nusa dan rara, melihat video pembelajaran, dan video-video game yang ada di youtube, Sedangkan ada juga dengan bermain game diantaranya game mobile legend, cooking faver, dan truk kontruksi permainan anak.Kata Kunci: Teknologi; Komunikasi; Dampak Gadget

Author Biographies

Anggraini Anggraini, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Alda Julianti, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Leli Dewi Oktoviana, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Riri Ageng Puspita, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

References

Ghofururrohim, N. M., Wicaksono, R. N., & Faristiana, A. R. (2023).

Pengaruh Smartphone Terhadap Anak Usia Dini. Education: Jurnal

Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(2), 129-146.

Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, D. M.,

& Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada

Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal

on Education, 6(1), 307-316.

Kurniawati, O., & Junanto, S. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET

TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK

MARDIRAHAYU SURAKARTA TAHUN 2022/2023 (Doctoral

dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta).

Lestari, I., Riana, A. W., & Taftazani, B. M. (2015). Pengaruh gadget

pada interaksi sosial dalam keluarga. Prosiding Penelitian Dan

Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Lioni, T., Holilulloh, H., & Nurmalisa, Y. (2014). Pengaruh penggunaan

gadget pada peserta didik terhadap interaksi sosial. Jurnal Kultur

Demokrasi, 2(2).

Maulida, H. (2013). Menelisik pengaruh penggunaan aplikasi gadget

terhadap perkembangan psikologis anak usia dini. Jurnal Ilmiah

Teknologi Pendidikan, 2(1),1-11.

Munisa, M. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap interaksi

sosial anak usia dini di tk panca budimedan. Jurnal Abdi Ilmu,

(1), 102- 114.

Nim, S. (2023). PENGGUNAAN GADGET PADA PENGEMBANGAN

INTERAKSI SOSIAL ANAK DI RA AL-HIDAYAH DESA SILEA KAB.

KONAWE (Doctoral dissertation, IAIN KENDARI).

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap

kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

Rantika, S. (2023). Layanan konseling teman sebaya dalam

meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas viii mts negeri 2

bandar lampung (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).

Retalia, R. (2020). Dampak Intensitas Penggunaan Smartphone

Terhadap Interaksi Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education,

Psychology and Counseling, 2(2), 45-55.

Published

2023-10-16