MENGAPLIKASIKAN PERMAINAN TAPAK GUNUNG DALAM BELAJAR MEMBACA KOSA KATA DI RUMAH YATIM PAMULANG
Abstract
Pengabdian masyarakat Universitas Pamulang melakukan salah satu kegiatan mengenai “Mengaplikasikan Permainan Tapak Gunung Dalam Belajar Membaca Kosa Kata Di Rumah Yatim Pamulang". Pengabdian ini bertujuan untuk menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan efektif dalam membantu anak-anak di sekolah dasar dalam memahami dan menguasai membaca suku kata. Melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, diharapkan anak-anak akan memiliki minat yang lebih besar dalam belajar membaca suku kata. Metode kegiatan menggunakan tahapan: survey dan koordinasi dengan pihak Yayasan Aruna Surya Bestari Pamulang untuk mendapatkan persetujuan dan mengidentifikasi kebutuhan yang perlu dipenuhi. Setelah mendapatkan persetujuan, tim pengabdian mempersiapkan segala kebutuhan dan materi yang akan digunakan selama pelaksanaan pengabdian. Kegiatan pelaksaan pengabdian meliputi penyuluhan mengenai manfaat permainan tapak gunung, identifikasi kosakata dasar, pengembangan permainan tapak gunung, implementasi dalam pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Hasil dari kegiatan PKM ini, menunjukkan 70% anak ditingkatan sedang merupakan anak yang mampu membaca, namun untuk berpikir menemukan kosa kata sedikit lebih lama sehingga mengolah kosa kata menjadi kalimat juga sedikit lebih lama. Hasil evaluasi dan analisis digunakan untuk menyusun rekomendasi, seperti penyesuaian tingkat kesulitan permainan tapak gunung untuk berbagai tingkat pemahaman siswa dan perluasan kosakata yang diintegrasikan dalam permainan. Diharapkan pengabdian ini memberikan manfaat signifikan bagi anak-anak dalam belajar membaca suku kata.
Kata Kunci : Tapak Gunung; Belajar; Kosa Kata
References
Astari, T., & Safira, S. (2019). Penerapan Permainan Modifikasi Tapak
Gunung Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-
Tahun Di RA Mutiara, Ciputat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 3(1), 43-56.
Cendana, H., & Suryana, D. (2022). Pengembangan permainan
tradisional untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini.
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771-778.
Gumati, R. W. (2020). Manusia Sebagai Subjek dan Objek Pendidikan
(Analisis Semantik Manusia dalam Filsafat Pendidikan Islam).
Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(02), 127-144.
NURMIATI, W. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TAPAK
GUNUNG BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM
PEMBELAJARAN PPKN SD (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS
NEGERI JAKARTA).
Pratini, T. (2019). Pengaruh Bermain Tapak Gunung Terhadap
Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun
(Penelitian Eksperimen di TK Ketilang, Bekasi) (Doctoral
dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Sari, S. P. (2015). EFEKTIVITAS PERMAINAN ENGKLEK UNTUK
MENGENAL BILANGAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG X DIII
C1 SLB C PAYAKUMBUH (Single Subject Research). Jurnal
Penelitian Pendidikan Khusus, 4(1).
Sayyida, I. (2023). Efektifitas Penerapan Motorik Kasar Permainan
Tapak Gunung Terhadap Kelincahan Anak Usia Dini di RA Al-
Istiqomah Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat (Doctoral
dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).
YULIANTI, S. R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TAPAK
GUNUNG UNTUK PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SD (Doctoral
dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
(Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SD (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Zain, L. S. (2023). PERMAINAN TRADISIONAL TAPAK GUNUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS HARAPAN I CIPUTAT.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar
Zain, L. S. (2023). PERMAINAN TRADISIONAL TAPAK GUNUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS HARAPAN I CIPUTAT. ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS HARAPAN I CIPUTAT.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar
TAHUN DI TK TUNAS HARAPAN I CIPUTAT.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar
Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar.