MENINGKATKAN KREATIFITAS DALAM PENGGUNAAN BARANG BEKAS DI LINGKUNGAN RUMAH SEKITAR
Abstract
Kegiatan ini merupakan program dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang yang dilakukan oleh Mahasiswa minimal pada Semester 5. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan, mengadakan, menemukan suatu bentuk baru atau untuk menghasilkan sesuatu melalui keterampilan imajinatif, hal ini berarti kreativitas berhubungan dengan pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri dan orang lain. Lingkungan belajar tidak selalu identik dengan banyaknya alat permainan yang dimiliki, tetapi terlebih penting adalah bagaimana anak terlibat aktif dalam lingkungan belajar tersebut. Oleh karena itu pendidik dapat menggunakan berbagai media, media atau alat peraga yang diperlukan tidak perlu mahal. Oleh karena itu inovasi dan kreativitas guru sangatlah penting guru dapat menggunakan bahan yang ada disekitar lingkungan maupun bahan bekas yang dapat dimanfaatkan. Bahan bekas adalah bahan yang sebelumnya sudah dipakai atau barang sisa atau limbah. Dalam kamus bahasa Indonesia artinya bahan bekas diartikan sebagai benda yang sudah dipakai. Bahan bekas disebut juga sebagai limbah yaitu bahan sisa yang dihasilkan oleh pabrik maupun rumah tangga. Dalam rangka meningkatkan kreativitas anak dan masyarakat,serta menjaga kebersihan lingkungan. mahasiswa berperan aktif menyelenggarakan sosialisasi penggunaan barang bekas yang mudah dijumpai pada lingkungan rumah agar mampu diubah menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Kreativitas; Kebersihan; Nilai Ekonomis; Barang Bekas
References
Djamduri, Suryani Dewi, Simorangkir Sendi Romadhon. 2018.
Memberdayakan Kelilmuan Dan Kreatifitas Sumber Daya Manusia
Disertai Pemahaman Akan Pentingnya Menjaga Lingkungan. Abdi
Dosen Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(3), 244-256.
Hadi M.F Darwin & M. Asnawi. 2017. Pemanfaatan Barang Bekas Yang
Bernilai Ekonomi Bagi Peningkatan Produktivitas.
Hanafi Hardianingsih & Surjawo. 2015. Upaya Meningkatkan
Kreativitas Anak Dengan Media Barang Bekas. Jurnal Pendidikan
dan Pemberdayaan Masyarakat. 2012-225.
Montolalu,B,E,F. 2009. Bermain dan Permainan Anak, Universitas
Terbuka.
Rachmawati Yeni & Kurniati Euis. Strategi Pengembangan Kreativitas
Pada Anak. Kencana Prenada Media Group,14.
Susanto,Ahmad.2017. Pendidikan Anak Usia Dini. PT Bumi Aksara.
Suyadi.2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. PT Remaja
Rosdakarya,24.
Wiyani Novan A. & Barnawi. 2014. Konsep, Karakteristik, dan
Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media,98.