NUMERASI DADU PINTAR SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI PADA ANAK-ANAK KAUM MARJINAL DI TAMAN BACA PARAKAN

Authors

  • Aldo Hardiyanto Universitas Pamulang
  • Chicio Mikael Tambunan Universitas Pamulang
  • Sevhia Fransiska Trivena Br. Naibaho Universitas Pamulang

Abstract

Hal yang melatarbelakangi kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) bahwa minimnya peminatan dalam belajar berhitung dengan baik dan benar yang dikarenakan masih banyak anak-anak yang tidak bersekolah secara formal dan kurang mendapatkan pendidikan yang layak. Dimana pembelajaran dalam kegiatan ini kami membuat pembelajaran secara inovatif, kreatif, unik dan menyenangkan, sehingga dapat ilmu hitung dalam Matematika dengan cara yang asyik serta menyenangkan. Mitra yang menjadi fokus dalam Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (P(M)KM) adalah Taman Baca Parakan yang beralamat di Jl. Arjuna No.4 , RW.8, Pondok Beda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Taman baca ini menyediakan fasilitas seperti alas untuk duduk, dan memiliki buku-buku menarik untuk dibaca oleh anak - anak. Taman Baca Parakan ini memiliki suasananya yang sepi, dikarenakan ia berada di perumahan warga Jalan Arjuna . Melalui Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (P(M)KM) ini diharapkan mahasiswa dapat membantu anak-anak dengan memberikan pembelajaran matematika menggunakan metode yang unik dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan kualitas berhitung anak-anak. Diharapkan anak-anak menjadi lebih suka dengan angka dan mahir dalam berhitung operasi hitung sederhana. Kegiatan ini kami lakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pengetahuan dan motivasi belajar anak-anak dalam mata pelajaran matematika, dikarenakan minimnya peminatan belajar matematika di Indonesia, disebabkan oleh pembelajaran yang monoton, atau membosankan namun dengan metode Dadu Pintar yang akan kami lakukan kepada anak-anak. Metode yang kami adakan yaitu dengan mendatangi langsung tempat P(M)KM dan memberikan pengajaran secara langsung diselingi dengan kegiatan games yang menyenangkan. Dalam hal ini hasil pengabdian ini memberikan dampak yang positif kepada anak-anak terhadap pengenalan numerasi. Dari kegiatan yang kami lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak anak-anak yang kurang mengenal angka dan perhitungan. Bagi Pemerintah sebaiknya lebih memperhatikan kembali perkembangan pendidikan amak-anak terhadap literasi numerasi dan bagi para anak muda lebih empati dan simpati terhadap pendidikan anak-anak kaum marjinal dengan menjadi bagian dari volunter pemerintah maupun swasta sehingga pengajaran terkait literasi numerasi makin meningkat.

 

Kata Kunci : Literasi; Numerasi; Dadu Pintar

Author Biographies

Aldo Hardiyanto, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Chicio Mikael Tambunan, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Sevhia Fransiska Trivena Br. Naibaho, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

References

Ngadimin, N., & Sanirin, F. (2015). Kontribusi Kemampuan

Numerik Dan Spasial Terhadap Hasil Belajar Fisika

Siswa. Jurnal Fisika Edukasi, 2(1), 55-60.

Hermawan, E., Jayantika, I. G. A. N. T., & Andari, N. K. L. (2019).

Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Bentuk Diktat

Kartun Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Mengontrol

Kemampuan Numerik Siswa: The Influence of Cartoon-Based Audio

Visual Learning Media On Student Learning Outcomes By Control

Of Numeric Students. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan

Sains, 8(1), 122-130.

RK, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi

Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di

TK Mutiara Lebah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628-

Setyansah, R. K., & Lusiana, R. (2020). Media tutorial matlab berbasis

web dalam metode numerik sebagai penguatan literasi

digital. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan

Matematika, 9(3), 493-505.

Wahyuni, A. (2022). MEMBANGUN LITERASI NUMERIK DAN SAINS

PAUD UNTUK MENERAPKAN PEMBELAJARAN YANG

MENYENANGKAN. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada

Masyarakat, 1(11), 3103-3108.

Siregar, P. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Literasi Numerasi Pada

Siswa Kelas 5b SD Negeri 101880 Aek Godang Padang Lawas

Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2),

-376.

Rifki, A. (2022). LITERASI NUMERIK DALAM EKSISTENSI

PENDIDIKAN ISLAM. EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan

Islam, 3(1).

Fatmia, N. (2022). Inovasi Taman Baca Masyarakat (TBM)‘Sigupai

Mambaco’dalam Membudayakan Literasi Masyarakat Di Desa

Tangah Kabupaten Aceh Barat Daya (Doctoral dissertation, UIN Ar-

Raniry).

Utami, S., Anwar, F. K., Ma'ruf, F. A., Arifin, M., Fitriani, H., Arbiraya,

M. H., & Hidayati, S. N. (2022). Program Bina Baca untuk

Menumbuhkan Generasi Literasi Bersama Taman Baca Ilalang Kota

Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara

(JPPNu), 4(1), 52-57.

Published

2023-10-16