PEMAPARAN FITUR-FITUR APLIKASI PAINT UNTUK ANAK-ANAK DALAM SENI DIGITALDI YAYASAN DOMPET YATIM DAN DHUAFA
Abstract
Kurangnya kesadaran anak akan ilmu teknologi digital saat ini sangat berpengaruh bagi masa depan mereka. Pembelajaran berbasis komputer sangat perlu untuk dipelajari oleh anak karena dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi mengharuskan anak untuk dapat menggunakan teknologi yaitu komputer sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Digital painting adalah karya lukisan yang dibuat menggunakan software yang bisa diunduh melalui gadget seperti handphone,laptop,tablet atau komputer. Digital paint dapat dilakukan di atas layar handphone,tablet,laptop maupun komputer. Metode ini dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan mempunyai gadget yang sudah di instal Microsoft Paint. Untuk Memamparkan Fitur-Fitur dan Fungsinya dalam Aplikasi Paint. Masalah tersebut dapat diatasi dengan diadakannya sebuah pelatihan dan pemahaman tentang cara penggunaan aplikasi Paint untuk kalangan sekolah dasar, sehingga nantinya anak-anak tersebut dapat mengetahui dan juga dapat mengoperasikan software tersebut dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil pengabdian dan penelitian yang telah disampaikan diatas, penulis menyimpulkan bahwa dengan mengetahui fitur-fitur aplikasi paint dalam seni digital anak jadi dapat memahami dan mengerti sehingga anak-anak dapat mempraktikan membuat desain/gambar dalam Aplikasi Paint. Penulis mengharapkan kepada semua pihak yang terutama pihak yang terkait dengan langsung agar dapat memahami fitur-fitur yang dalam Paint. Lebih dari itu, penulis mengharapkan agar tidak melupakan serta dapat mempertahankan dan mengembangkan Seni Digital yaitu Paint, terlebih di zaman yang semakin maju dan modern ini.
Kata Kunci : Digital Painting; Penggunaan aplikasi Paint; Ilmu Teknologi Digital
References
Destiyanti, A. Z., & Prasetyo, H. Pembelajaran Integratif Microsoft
Paint dalam Mata Pelajaran TIK di MI Al-Huda Karangnongko
Yogyakarta.
Hartuti, P. M., & Al Maududi, R. (2022). Pelatihan Pembuatan Soal
Menggunakan Microsoft Paint di PAUD al Ikhlas Kota Depok. Jurnal
PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 5(4), 394-399.
Hartati, S., Lubis, S. G., Gultom, R., & Lubis, M. Z. (2020).
Pengamplikasian Microsoft Paint dalam Menunjang Minat Belajar
Siswa. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 83-92.
Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2022). Media Pembelajaran Digital
untuk Stimulasi Motorik Halus Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 56-70.
Widiawati, W. W., Karim, M. B., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh
Media Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint Terhadap
Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 22 Balongpanggang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 10-24.
Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Novitasari, D. (2020).
Penerapan microsoft paint dalam membuat media 3D kolaborasi
pop-up dan movable book. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM
IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Wijaya, H. O. L., Sari, W. M., Karman, J., & Aprisusanti, R. P. (2022).
pelatihan Menggambar dan Mewarnai Menggunakan Microsoft Paint
untuk meningkatkan kreativitas anak-anak. Jurnal Pengabdian
kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 1427-1432.
Indrawan, G. B., Sari, G. A. G. M., Putri, K. U. D., Putri, D. P. H., &
Dewi, L. J. E. (2022). Pelatihan Dasar Penggunaan Aplikasi
Microsoft Office Dan Paint Di Sekolah Dasar Negeri 1
Umeanyar. WIDYA LAKSANA, 11(1), 76-84.
Yusuf Perdana, Y. P. (2022). MIND MAPPING SEBAGAI INOVATIVE
LEARNING BERBASIS MICROSOFT PAINT DALAM PEMBELAJARAN
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ERA PANDEMI COVID-19.
Purnama, R. Menggambar Menggunakan Aplikasi Microsoft Paint®
Pada Microsoft Windows 7. Narotama University Press.