PEMANFAATAN TEKNOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM MARKET PLACE SHOPEE DIERA DIGITAL

Authors

  • Rafli Khatami Universitas Pamulang
  • Andre Panutan Manalu Universitas Pamulang
  • Vicar Setiawan Waruwu Universitas Pamulang

Abstract

Perkembangan teknologi semakin melonjak naik dan pesat. Salah satunya adalah Internet, kecanggihan yang terus meningkat dan kemudahan akses yang berkembang semakin menarik perhatian terhadap masyarakat. hal ini mampu mendorong peningkatan penjualan bagi para UMKM dan bidang lainnya, karena adanya kemudahan akses dan fitur promosi yang diterapkan. Penulis melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif agar menghasilkan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat tentang sifat-sifat, fakta-fakta, serta hubungan antar fenomena yang diteliti. Shopee merupakan sebuah aplikasi mobile dan website yang bergerak di bidang marketplace online yang menyediakan fitur promosi serta menjanjikan kenyamanan penjual dan pembeli, yang menyebabkan adanya peningkatan secara laba apabila seorang penjual yang akan menjual produknya melalui marketplace online ini. Strategi penjualan yang dilakukan oleh pihak Shopee sangat baik sehingga hal ini menjadikan penjual dan pembeli lebih merasakan kenyamanan dalam berbelanja. Aplikasi Shopee sangat sesuai dimanfaatkan sebagai media penjualan karena fitur-fitur promosi yang diberikan oleh shopee mampu meningkatkan laba penjualan si penjual.

 

Kata Kunci : Shopee; Media Promosi; Penjual

Author Biographies

Rafli Khatami, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Andre Panutan Manalu, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Vicar Setiawan Waruwu, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

References

Bolanle, I. (2014). Effect of Promotion on Product Awareness.

Education Research.

Careers, S. (2022). Shopee Careers. Diambil kembali dari

https://careers.shopee.co.id: https://careers.shopee.co.id

Damayanti, A. (2018). Strategi Iklan Online (Studi Iklan Shopee di

Media Sosial). Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Fak.Usuluddin. Adan dan Dakwah IAIN Ponorogo.

Dr. Kabul Wahyu Utomo, M. R. (2022). Islamic Entrepreneurship :

Konsep Berwirausaha Ilahiyah. Media Edu Pustaka.

Karina, M. (2019). Pengaruh E-servicescape Online Marketplace

Shopee pada Perceived Value dan Kepuasan Pelanggan, serta

dampaknya terhadap Loyalitas pelanggan. Jurnal Maksipneur.

KS, S. (2021, January 12). https://www.prismalink.co.id/jenis-dan-

manfaat-media-promosiuntuk-pemasaran-bisnis-anda/. Diambil

kembali dari Prismalink.co.id: https://www.prismalink.co.id/jenis-

dan-manfaat-media-promosiuntuk-pemasaran-bisnis-anda/

Kurnia, L. (2019). Pengaruh KualitasProduk Harga dan Promosi pada

Marketplace Shopee. Skripsi jurusan Ekonosmi Fakultas Ekonomi

dan Bisnis Islam Uin Sunan Ampel. .

Wicaksono, S. A. (2018). Skripsi, Jurudsn Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Analisis Pendapatan

Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pendapatan UMKM pada

marketplace.

Yosep, A. F. (2015). Perancangan Media promosi PT. Petronika

Sebagai Upaya Pembentukan Citra Perusahaan. Jurnal Komunikasi

Visual.

Published

2023-10-16