PEMANFAATAN TEKNOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM MARKET PLACE SHOPEE DIERA DIGITAL
Abstract
Perkembangan teknologi semakin melonjak naik dan pesat. Salah satunya adalah Internet, kecanggihan yang terus meningkat dan kemudahan akses yang berkembang semakin menarik perhatian terhadap masyarakat. hal ini mampu mendorong peningkatan penjualan bagi para UMKM dan bidang lainnya, karena adanya kemudahan akses dan fitur promosi yang diterapkan. Penulis melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif agar menghasilkan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat tentang sifat-sifat, fakta-fakta, serta hubungan antar fenomena yang diteliti. Shopee merupakan sebuah aplikasi mobile dan website yang bergerak di bidang marketplace online yang menyediakan fitur promosi serta menjanjikan kenyamanan penjual dan pembeli, yang menyebabkan adanya peningkatan secara laba apabila seorang penjual yang akan menjual produknya melalui marketplace online ini. Strategi penjualan yang dilakukan oleh pihak Shopee sangat baik sehingga hal ini menjadikan penjual dan pembeli lebih merasakan kenyamanan dalam berbelanja. Aplikasi Shopee sangat sesuai dimanfaatkan sebagai media penjualan karena fitur-fitur promosi yang diberikan oleh shopee mampu meningkatkan laba penjualan si penjual.
Kata Kunci : Shopee; Media Promosi; Penjual
References
Bolanle, I. (2014). Effect of Promotion on Product Awareness.
Education Research.
Careers, S. (2022). Shopee Careers. Diambil kembali dari
https://careers.shopee.co.id: https://careers.shopee.co.id
Damayanti, A. (2018). Strategi Iklan Online (Studi Iklan Shopee di
Media Sosial). Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fak.Usuluddin. Adan dan Dakwah IAIN Ponorogo.
Dr. Kabul Wahyu Utomo, M. R. (2022). Islamic Entrepreneurship :
Konsep Berwirausaha Ilahiyah. Media Edu Pustaka.
Karina, M. (2019). Pengaruh E-servicescape Online Marketplace
Shopee pada Perceived Value dan Kepuasan Pelanggan, serta
dampaknya terhadap Loyalitas pelanggan. Jurnal Maksipneur.
KS, S. (2021, January 12). https://www.prismalink.co.id/jenis-dan-
manfaat-media-promosiuntuk-pemasaran-bisnis-anda/. Diambil
kembali dari Prismalink.co.id: https://www.prismalink.co.id/jenis-
dan-manfaat-media-promosiuntuk-pemasaran-bisnis-anda/
Kurnia, L. (2019). Pengaruh KualitasProduk Harga dan Promosi pada
Marketplace Shopee. Skripsi jurusan Ekonosmi Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam Uin Sunan Ampel. .
Wicaksono, S. A. (2018). Skripsi, Jurudsn Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Analisis Pendapatan
Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pendapatan UMKM pada
marketplace.
Yosep, A. F. (2015). Perancangan Media promosi PT. Petronika
Sebagai Upaya Pembentukan Citra Perusahaan. Jurnal Komunikasi
Visual.