PENERAPAN TEKNOLOGI GUNA MENGEDUKASI SISWA/SISWI DINI MELALUI PENGENALAN ANGKA, WARNA, GEOMETRI, HEWAN DAN PROFESI UNTUK PENDIDIKAN DITAMAN KANAK – KANAK (TK) ISLAM AL-HUSNA DI TK ISLAM AL-HUSNA YPHIN

Authors

  • Riska Pradisa Universitas Pamulang
  • Eva Novianti Ulfa Universitas Pamulang
  • Gusmarlianti Gusmarlianti Universitas Pamulang
  • Khadijah Dewi Andini Universitas Pamulang

Abstract

Pendidikan Taman Kanak-kanak yang sering disebut TK  merupakan salah satu bentuk PAUD. Pendidikan anak usia dini yang  memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan jembatan antar lingkungan keluarga dengan masyarakat yang lebih luas yaitu sekolah dasar dan lingkungan lainnya.Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan wadah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik sesuai sifat-sifat alami anak, oleh karena itu maka pendidikan taman kanak-kanak harus memberi peluang agar anak-anak dapat berkembang seluruh aspek kepribadiannya melalui proses bermain. Bermain merupakan prinsip yang melekat pada kodrat anak. Pembelajaran di Taman Kanak-kanak (TK) hendak disesuaikan dengan usia anak yang masih suka bemain, kegiatan pembelajaran Calistung (baca tulis berhitung) harus diintegrasikan dalam kegiatan bermain, dalam program eksplorasi maupun dalam kegiatan sentra. Dalam kegiatan belajar berhitung misalnya dapat dilakukan dengan permainanpermainan berhitung, ini tidak hanya berkaitan dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental sosial dan emosional serta untuk menumbuhkan kecerdasan anak, Di Tempat  Taman Kanak, bertujuan untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhanserta perkembangan selanjutnya.

Kata kunci : Pendidikan Anak Usia Dini; Perkembangan Anak Usia Dini; Pembelajaran Castuling (Baca Tulis Hitung )

Author Biographies

Riska Pradisa, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana AKuntansi

Eva Novianti Ulfa, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Gusmarlianti Gusmarlianti, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Khadijah Dewi Andini, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi

Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education

For Child Development. PGPAUD Universitas Muhammadiyah

Purwokerto.

Etivali, A. U., & PS, A. M. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini.

Jurnal: Penelitian Medan Agama Vol. 10, No. 2.

Nisa, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia

Dini. ThufuLA : Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal,

(1), 1-14. Retrieved from

https://www.fkipumkendari.ac.id/assets/upload/plp_magang/24f4355ab358 bba2dd0ddde975cc75d8.pdf

Pertiwi, D., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orang Tua

Terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung untuk Anak Usia 5-6. PAUD

Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 2.

Ragil, Y. A., Meilani, S. M., & Akbar, Z. (2020). Evaluasi Sistem

Penjaminan Mutu Internal Program Studi S1 Pendidikan Guru

Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini.

Redaksi. (2023, Mei 19). Mahasiswi Unpam Prodi Akuntansi Gelar PKM

di TK Islam Al-Husna YPHIN. Retrieved from tangselxpress.com:

https://tangselxpress.com/2023/05/19/mahasiswi-unpam-prodi-

akuntansi-gelar-pkm-di-tk-islam-al-husna-yphin/

Sutrisno, A., yudistira, I., & Alfarisi, U. (2021). Pentingnya Pendidikan

Anak Di Usia Dini. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM

UMJ.

Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Bergerak Sebagai Media

Pembelajaran Bagi Anak Usia DIni. Edocomtech : Jurnal Kajian

Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-8. Retrieved from

http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1783

Watini, S. (2021). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan

Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak- Kanak. Jurnal

Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Published

2023-10-16