PENERAPAN TEKNOLOGI GUNA MENGEDUKASI SISWA/SISWI DINI MELALUI PENGENALAN ANGKA, WARNA, GEOMETRI, HEWAN DAN PROFESI UNTUK PENDIDIKAN DITAMAN KANAK – KANAK (TK) ISLAM AL-HUSNA DI TK ISLAM AL-HUSNA YPHIN
Abstract
Pendidikan Taman Kanak-kanak yang sering disebut TK merupakan salah satu bentuk PAUD. Pendidikan anak usia dini yang memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan jembatan antar lingkungan keluarga dengan masyarakat yang lebih luas yaitu sekolah dasar dan lingkungan lainnya.Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan wadah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik sesuai sifat-sifat alami anak, oleh karena itu maka pendidikan taman kanak-kanak harus memberi peluang agar anak-anak dapat berkembang seluruh aspek kepribadiannya melalui proses bermain. Bermain merupakan prinsip yang melekat pada kodrat anak. Pembelajaran di Taman Kanak-kanak (TK) hendak disesuaikan dengan usia anak yang masih suka bemain, kegiatan pembelajaran Calistung (baca tulis berhitung) harus diintegrasikan dalam kegiatan bermain, dalam program eksplorasi maupun dalam kegiatan sentra. Dalam kegiatan belajar berhitung misalnya dapat dilakukan dengan permainanpermainan berhitung, ini tidak hanya berkaitan dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental sosial dan emosional serta untuk menumbuhkan kecerdasan anak, Di Tempat Taman Kanak, bertujuan untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhanserta perkembangan selanjutnya.
Kata kunci : Pendidikan Anak Usia Dini; Perkembangan Anak Usia Dini; Pembelajaran Castuling (Baca Tulis Hitung )
References
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi
Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education
For Child Development. PGPAUD Universitas Muhammadiyah
Purwokerto.
Etivali, A. U., & PS, A. M. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini.
Jurnal: Penelitian Medan Agama Vol. 10, No. 2.
Nisa, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia
Dini. ThufuLA : Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal,
(1), 1-14. Retrieved from
https://www.fkipumkendari.ac.id/assets/upload/plp_magang/24f4355ab358 bba2dd0ddde975cc75d8.pdf
Pertiwi, D., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orang Tua
Terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung untuk Anak Usia 5-6. PAUD
Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 2.
Ragil, Y. A., Meilani, S. M., & Akbar, Z. (2020). Evaluasi Sistem
Penjaminan Mutu Internal Program Studi S1 Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini.
Redaksi. (2023, Mei 19). Mahasiswi Unpam Prodi Akuntansi Gelar PKM
di TK Islam Al-Husna YPHIN. Retrieved from tangselxpress.com:
https://tangselxpress.com/2023/05/19/mahasiswi-unpam-prodi-
akuntansi-gelar-pkm-di-tk-islam-al-husna-yphin/
Sutrisno, A., yudistira, I., & Alfarisi, U. (2021). Pentingnya Pendidikan
Anak Di Usia Dini. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM
UMJ.
Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Bergerak Sebagai Media
Pembelajaran Bagi Anak Usia DIni. Edocomtech : Jurnal Kajian
Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-8. Retrieved from
http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1783
Watini, S. (2021). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan
Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak- Kanak. Jurnal
Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.