PENGEDUKASIAN TENTANG SENI AKUNTANSI DANMENABUNGPADA ANAK-ANAK SERTA REMAJA
Abstract
Kegiatan ini merupakan program dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang yang dilakukan oleh Mahasiswa minimal pada Semester 5. Mitra yang dijadikan untuk pengabdian yaitu anak-anak di Asrama Yatim Dan Dhuafa Ishlahul Hayat 1 yang beralamat di Jl. Mujair Raya, Bambu Apus, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15415. Gaya hidup yang dinamis ditambah minimnya pengetahuan pengelolaan keuangan membuat mereka millenial merasa sulit untuk mengatur keuangan. Sebagian millenial juga masih sulit mengatur keuangannya sesuai skala prioritas. Tujuan pengabdian ini adalah konsep pengedukasian tentang Ilmu Akuntansi dan Menabung pada anak-anak serta remaja, sekaligus memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa Ilmu Akuntansi sejak usia dini ini sebenarnya banyak sekali memberi manfaat. Metode yang dilakukan berupa edukasi pengenalan, kegiatan inti dan evaluasi praktik (pertanyaan) ringan. Hasil dari pengabdian ini didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh program edukasi pengetahuan ilmu akuntansi terhadap perubahan perilaku anak dalam mengetahui ilmu akuntansi secara sederhana dan cara menyimpan uang atau menabung. Saran kami dalam pengedukasian akuntansi padaanak usia dini adalah agar nantinya anak tersebut mampu tumbuh menjadi pionir, pribadi yang lebih cerdas, berkarakter, jujur, teliti, paham mengenai ekonomi dan mampu menyikapi serta membuat perubahan ekonomi di Indonesia menjadi lebih baik.
Kata Kunci: mengelola keuangan; menabung; usia dini
References
Bayu, Dimas. 2022. “Riset: Milenial Paling Banyak Belanja Di E-
Commerce Pada 2021 Riset: Milenial Paling Banyak BelanjaDi E
Commerce Pada 2021. †Retrieved June 11,
(https://dataindonesia.id/digital/detail/survei-milenial-paling-
banyak- belanja-di-ecommercepada-2021).
Idawati, Ida Ayu Agung, and I. GedeSurya Pratama. 2020. “Pengaruh
Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan UMKM
Di Kota Denpasar.†Warmadewa Management and Business Journal
(WMBJ) 2(1):1–9. doi:10.22225/wmbj.2.1.1644.1-9.
Lubis, Henny Zurika, Diani Syahputri, M. Alwi A. .. Lubis, Nadila Dwi
Adelia, and Wahyudi Maherza. 2019. “Tingkatkan Kesadaran Siswa
Melalui Budaya Menabung Sejak Dini Di Desa Sidourip Kecamatan
Beringin Kabupaten Deli Serdang.â€Proseding Seminar Nasional
Kewirausahaan 1(1):194–99.
Mardiana, Sri, Wawan Supriyatna, Zakaria Zakaria, Ratna Dumilah,
and Intan Sari Budhiarjo. 2020. “Sosialisasi Dan Penyuluhan
Tentang Pentingnya Menabung Bagi Generasi Muda Khususnya
Siswa Madrasah Tsanawiyah Mts Mathlaul Anwar Pamulang.â€
Dedikasi Pkm 1(2):79. doi:
32493/dedikasipkm.v1i2.6443.
Nuh, Muhamad. 2021. “Sosialisasi Pentingnya Manfaat Menabung
Sejak Dini.†Dedikasi 1(1):119– 25.
Pulungan, Delyana Rahmawany, Leylia Khairani, Mutia Arda, Murviana
Koto, and Efry Kurnia. 2019. “Memotivasi Anak Usia Dini
Menabung Demi Masa Depan.†Proseding Seminar Nasional
Kewirausahaan 1(1):296–301.
Soviah, Ori Fiska. 2019. “Penyuluhan Membangun Kesadaran
Menabung Sejak Dini Pada Siswa Sdn 2 Lengkong Wetan
Kelurahan.†Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat
LPPM UMJ (September):1–6.
Wahyu Endah Christiani Putri1, Ani Apriani2.2021. “Edukasi
Pengelolaan Keuangan Dan Pentingnya Menabung Sejak
Dini.â€Fakultas Teknologi Mineral, Institut Teknologi Nasioanal
https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10454
http://rumahmillennials.com/siapa-itu- generasi millenials/#.W2PLVdL-jDd
https://koinworks.com/blog/rencana- keuangan-anak-millennial/
https://finance.detik.com/perencanaan- keuangan/d-3883303/gaya-hidup- milenial-dengan-budget-minimal
https://kumparan.com/@millennial/5-cara-mengatur-keuangan-untuk-kalangan-milenial