PENGOPRASIAN MICROSOFT EXCEL PADA SISWA SISWI SMP NEGERI 21 TANGERANG SELATAN SERTA MEMBANGUN EFEKTIVITAS DALAM KETERAMPILAN KOMPUTER
Abstract
Di tengah gemuruh teknologi di era modern, keterampilan komputer menjadi pondasi pentingbagi keberhasilan generasi muda. Kegiatan ini menggali potensi pemanfaatan microsoft excel untuk meningkatkan literasi komputer di kalangan siswa SMP Negeri 21 Tangerang Selatan. Dikarenakan kurangnya minat dengan microsoft excel. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan excel dalam mengembangkan keterampilan komputer serta dampaknya terhadap prestasi akademik siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan pendekatan kombinasi metode kuantitatif dari pra dan pasca penilaian, serta wawancara dan observasi untuk mendapatkan wawasan kualitatif. Sebuah kelompok siswa dipilih dan diberikan program pelatihan excel terstruktur yang dirancang untuk meningkatkankemampuan mereka dalam menggunakan spreadsheet secara efektif. Penggunaan perangkat lunak seperti microsoft excel telah menjadi bagian penting dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memperkenalkan anak SMP 21 Tangerang Selatan pada microsoft excel guna membantumereka membangun keterampilan komputer dan pengolahan data yang relevan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pengenalan microsoft excel pada anak SMP dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan penggunaan program dalam mengoperasikan excel, mencipta dan menganalisis data, serta menggunakan fitur-fitur canggih mengalami peningkatan. Hasil dari kegiatan mengungkapkan peningkatan yang signifikan pada tingkat literasi komputer siswa setelah intervensi. Kemampuan mereka dalam mengoperasikanexcel, mencipta dan menganalisis data, serta menggunakan fitur-fitur canggih mengalami peningkatan. Selain itu, integrasi excel dalam berbagai bidang pelajaran meningkatkan minat dan keterlibatan siswa, yang pada gilirannya berdampak positif pada prestasi akademik mereka. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu berkontribusi pada upaya terus-menerus untuk meningkatkan literasi komputer di lembaga pendidikan. Dengan berfokus pada microsoft excel sebagai alat yang berharga, diharapkan pendidik dapat memberdayakan siswa dengan keterampilan penting yang dapat diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu sepanjang hidup mereka. Pada akhirnya, kegiatan ini mendorong adopsi pendekatan pendidikan berbasis teknologi serupa secara luas, sehingga memastikan siswa memiliki persiapan yang baik untuk unggul di dunia yang semakin digital.
Kata kunci : microsoft excel; pengenalan; anak sekolah; keterampilan komputer;pemahaman dasar
References
Fitriani, D., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Pengenalan Microsoft
Excel Terhadap Keterampilan Komputersiswa Smp Di Jakarta.
Jurnal Pendidikan Informati kadan Sains, 7(2), 85-94.
Wibowo, B., & Putri, R. (2020). Efektivitas Pelatihan Miscosoft Excel
Pada Siswa Siswi Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1),
- 52.
Prasetyo, H., & Sari, I. (2018). Implementasi Pengenalan Microsoft
Excel Sebagai Bagian KurikulumSmp Di Surabya. Jurnal Pendidikan
Komputer dan Informatika, 5(3), 210-219.
Fitriani, D., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Pengenalan Microsoft
Excel Terhadap Keterampilan Komputer Siswa Siswi Smp Di
Jakarta. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(2), 85-94.
Mustika, R., & Putra, A. (2021). Evaluasi Pengenalan Microsoftexcel
Pada Siswa Smp Di Bandung. Jurnal Informatika dan Komputer,
(2), 132- 143.
Sumarno, B., & Dewi, I. (2017) Pengaruh Pelatihan Microsoft Excel
Terhadap Kemampuan Pengolahan Data Siswa Smp Disemarang.
Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 178-187.