PENTINGNYA KECAPAKAN LITERASI DAN PENGELOLAAN GADGET PADA ANAK-ANAK DI TAMAN BACA CAHAYA SUKMA
Abstract
Kecapakan literasi dan pengelolaan gadget pada anak-anak merupakan dua aspek penting dalam era digital saat ini. Taman Baca Cahaya Sukma merupakan lembaga yang berfokus pada peningkatan literasi anak-anak di komunitas sekitar. Pada era saat ini banyak anak-anak yang kurang memiliki kecakapan dalam literasi dan berfokus pada Gadget, serta memiliki dampak yang kurang baik pada anak-anak dalamhal minat membaca. Sehingga tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menganalisis pentingnya kecapakan literasi dan pengelolaan gadget pada anak-anak yangmenggunakan Taman Baca Cahaya Sukma. Metode dilakukan dengan observasi interaksi anak-anak dengan gadget dan kegiatan literasi di Taman Baca Cahaya Sukma serta wawancara dengan orang tua atau pengasuh anak-anak yang mengunjungi taman baca. Data dari observasi, wawancara, dan angket dianalisis secara kualitatif untukmenjawab pertanyaan penelitian dan mengidentifikasi pola atau tema yang muncul. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kecakapan literasi anak-anak di Taman Baca Cahaya Sukma dipengaruhi oleh akses ke bahan bacaan, lingkungan yang mendukung, program literasi yang terstruktur, dukungan dari fasilitator, dan kolaborasi dengan orangtua. Dapat disimpulkan Taman Baca Cahaya Sukma memiliki peran penting dalam meningkatkan kecapakan literasi anak-anak. Saran kedepanya bagi Taman Baca Cahaya Sukma dapat memperluas koleksi bahan bacaan, menyelenggarakan program interaktif, dan mengajak orang tua untuk membatasi waktu penggunaan gadget anak-anak.
Kata Kunci : kecapakan literasi; pengelolaan gadget; Taman Baca Cahaya Sukma; program literasi
References
Hanindita, A. W., & Idhartono, A. R. (2022). Kecakapan Literasi
Bercerita Pada Anak Tunagrahita di YPAC Surabaya. 8(November),
–157.
Helaluddin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam
Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi.
PENDAIS, I(skor 403), 44–55.
Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (n.d.). Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia
Dini Pada.
Jafri, Y., & Defega, L. (2020). Gadget Dengan Perkembangan Sosial
Dan Bahasa Anak Usia 3 – 6 Tahun. Prosiding Seminar Kesehatan
Perintis, 3(1), 76–83.
Nurhalipah, R., Yustiana, M., & Muslih, M. (2020). Pengaruh Gadget
Terhadap Minat Belajar Pada. Seminar Nasional Informatika 2020
(SEMNASIF 2020), 2020(Semnasif), 172–177.
Rahayu, N. S., & Mulyadi, S. (2021). Analisis penggunaan gadget
pada anak usia dini. Jurnal PAUDA gapedia, 5(2), 202–210.
Waluyati, I. (2020). Dampak PenggunaanGadget Pada Anak Usia Dini
di Kelurahan Kumbe Kota Bima. EduSociata Jurnal Pendidikan
Sosiologi, 3(2), 30–36.
Yani, Z., Pohan, N., &Eska, J. (2022). Perlindungan Anak Dari Dampak
Gadget / Gawai. Bhakti Nagori (Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat), 2, 216–220.
Yunita, I. R. (2020). Pelatihan Teknis Aplikasi Parenting Control
Sebagai Media Pengawas Penggunaan Gadget Pada Anak Untuk
Ibu-Ibu PKKdi Kecamatan Baturraden. Jurnal Abdimas BSI, 3(1),
–10.