PENTINGNYA KECAPAKAN LITERASI DAN PENGELOLAAN GADGET PADA ANAK-ANAK DI TAMAN BACA CAHAYA SUKMA

Authors

  • Mifta - Arahman Universitas Pamulang
  • Hesti - Rahayu Universitas Pamulang
  • Siti - Azizah Universitas Pamulang
  • Putri - Yenanda Universitas Pamulang

Abstract

Kecapakan literasi dan pengelolaan gadget pada anak-anak merupakan dua aspek penting dalam era digital saat ini. Taman Baca Cahaya Sukma merupakan lembaga yang berfokus pada peningkatan literasi anak-anak di komunitas sekitar. Pada era saat ini banyak anak-anak yang kurang memiliki kecakapan dalam literasi dan berfokus pada Gadget, serta memiliki dampak yang kurang baik pada anak-anak dalamhal minat membaca. Sehingga tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menganalisis pentingnya kecapakan literasi dan pengelolaan gadget pada anak-anak yangmenggunakan Taman Baca Cahaya Sukma. Metode dilakukan dengan observasi interaksi anak-anak dengan gadget dan kegiatan literasi di Taman Baca Cahaya Sukma serta wawancara dengan orang tua atau pengasuh anak-anak yang mengunjungi taman baca. Data dari observasi, wawancara, dan angket dianalisis secara kualitatif untukmenjawab pertanyaan penelitian dan mengidentifikasi pola atau tema yang muncul. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kecakapan literasi anak-anak di Taman Baca Cahaya Sukma dipengaruhi oleh akses ke bahan bacaan, lingkungan yang mendukung, program literasi yang terstruktur, dukungan dari fasilitator, dan kolaborasi dengan orangtua. Dapat disimpulkan Taman Baca Cahaya Sukma memiliki peran penting dalam meningkatkan kecapakan literasi anak-anak. Saran kedepanya bagi Taman Baca Cahaya Sukma dapat memperluas koleksi bahan bacaan, menyelenggarakan program interaktif, dan mengajak orang tua untuk membatasi waktu penggunaan gadget anak-anak.

Kata Kunci : kecapakan literasi; pengelolaan gadget; Taman Baca Cahaya Sukma; program literasi

Author Biographies

Mifta - Arahman, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Hesti - Rahayu, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Siti - Azizah, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Putri - Yenanda, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

References

Hanindita, A. W., & Idhartono, A. R. (2022). Kecakapan Literasi

Bercerita Pada Anak Tunagrahita di YPAC Surabaya. 8(November),

–157.

Helaluddin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam

Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi.

PENDAIS, I(skor 403), 44–55.

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (n.d.). Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia

Dini Pada.

Jafri, Y., & Defega, L. (2020). Gadget Dengan Perkembangan Sosial

Dan Bahasa Anak Usia 3 – 6 Tahun. Prosiding Seminar Kesehatan

Perintis, 3(1), 76–83.

Nurhalipah, R., Yustiana, M., & Muslih, M. (2020). Pengaruh Gadget

Terhadap Minat Belajar Pada. Seminar Nasional Informatika 2020

(SEMNASIF 2020), 2020(Semnasif), 172–177.

Rahayu, N. S., & Mulyadi, S. (2021). Analisis penggunaan gadget

pada anak usia dini. Jurnal PAUDA gapedia, 5(2), 202–210.

Waluyati, I. (2020). Dampak PenggunaanGadget Pada Anak Usia Dini

di Kelurahan Kumbe Kota Bima. EduSociata Jurnal Pendidikan

Sosiologi, 3(2), 30–36.

Yani, Z., Pohan, N., &Eska, J. (2022). Perlindungan Anak Dari Dampak

Gadget / Gawai. Bhakti Nagori (Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat), 2, 216–220.

Yunita, I. R. (2020). Pelatihan Teknis Aplikasi Parenting Control

Sebagai Media Pengawas Penggunaan Gadget Pada Anak Untuk

Ibu-Ibu PKKdi Kecamatan Baturraden. Jurnal Abdimas BSI, 3(1),

–10.

Downloads

Published

2023-10-16