SOSIALISASI DOMPET DIGITAL GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS SERTA MENDUKUNG PROGRAM KERJA KARANG TARUNA GERBANG 24
Abstract
Pengabdian ini fokus pada dampak penggunaan dompet digital dalam meningkatkan produktivitas dan efektivitas program ketenagakerjaan Karang Taruna Gerbang24. Dompet digital adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna menyimpan uang secara digital dan melakukan transaksi melalui perangkat seluler. Penggunaan dompet digital diharapkan dapat mempercepat proses transaksi, mengurangi kesalahan pencatatan, dan mempercepat analisis data. Melalui sosialisasi, informasi, edukasi, dan pelatihan praktis, pengabdian ini berhasil memperoleh tingkat penerimaan dan antusiasme yang tinggi dari anggota Karang Taruna Gerbang 24. Mereka berkomitmen untuk menerapkan ilmu dan kemampuan yang dipelajari dalam program ketenagakerjaan mereka. Meskipun demikian, masih ada anggota yang kesulitan memahami dan memanfaatkan teknologi, sehingga diperlukan pendekatan yang lebihmendalam untuk memberikan bimbingan dan dukungan. Kesimpulannya, pengabdian ini berhasil meningkatkan produktivitas dan mendukung program kerja Karang Taruna Gerbang 24 melalui pengenalan dompet digital. Penggunaan dompet digital meningkatkan efisiensi transaksi, pengelolaan keuangan, dan partisipasi anggota. Namun, diperlukan upaya berkelanjutan dalam pelatihan dan pendampingan kepada anggota, serta penyesuaian program sosialisasi dengan konteks lokal Karang Taruna Gerbang 24.
Kata Kunci : pengabdian masyarakat; dompet digital; efisiensi transaksi
References
Aulia, S. (2020). Pola perilaku konsumen digital dalam memanfaatkan
aplikasi dompet digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311–324.
Azhari, A. (2021). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response
CodeAulia, S.(2020). Pola perilaku konsumen digital dalam
memanfaatkan aplikasi dompet digital. Jurnal Komunikasi, 12(2),
–324.
Azhari, A. (2021). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response
Code Indonesian Standart (QRIS) PadaSektor UMKM Di Kota
Pematangsiantar [PhDThesis]. Universitas Islam Negeri Sumatera
Utara Medan.
Estiningsih, E., Perdana, D., Sundari, S., &Fardiana, E. (2022).
DETERMINAN MINAT MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL (STUDI
PADA PENGGUNA DOMPET DIGITAL OVO). Jurnal Ilmiah Ekonomi
dan Kewirausahaan, 18(01).
Manurung, R. A., & Silalahi, P. R. (2022). Pengaruh Penggunaan
Dompet Digital Terhadap Mental Accounting pada Remaja di Kota
Medan. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen,
(1), 130–141.
Maria, N. S. B., & Widayati, T. (2020). Dampak perkembangan
ekonomi digital terhadap perilaku pengguna media sosial
dalam melakukan transaksi ekonomi. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis
dan Manajemen), 6(2), 234–239.
Rembulan, N. D. R., & Firmansyah, E. A. (2020). Perilaku Konsumen
Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital. Valid:
Jurnal Ilmiah, 17(2), 111–128.
Sulistyowati, R., Paais, L., &Rina, R. (2020). Persepsi konsumen
terhadap penggunaan dompet digital. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi,
Manajemen dan Akuntansi, 4(1), 17–34.
Zada, C., & Sopiana, Y. (2021). Penggunaan E-Wallet atau Dompet
Digital sebaga Alat Transaksi Pengganti Uang Tunai Bagi UMKM di
Kecamatan Banjarmasin Tengah. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan
Pembangunan, 4(1), 251–268.