UPAYA MENJAGA DAN MELESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DAN LOMPAT TALI PADA ANAK DI ERA MODERN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta-fakta di lapangan mengenai permainan tradisional yang sudah jarang dimainkan. Hal itu disebabkan oleh beberapa factor dan salah satunya adalah perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam kehidupan masyarakat. Padahal, permainan tradisional memiliki banyak manfaat untuk perkembangan tubuh, khususnya pada anak. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permainan tradisional dari berbagai sisi, antara lain manfaat permainan tradisional untuk peningkatan tumbuh kembang anak. Serta sosialisasi permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan fisik motoric anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian yang digunakan yakni metode studi kasus atau case study. Intrumen yang dipergunakan adalah peneliti dengan menggunakan pedoman wawancara, obeservasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanadalah model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat membantu proses identifikasi permainan tradisional serta manfaat yang dihasilkan dari permainan tradisional tersebut untuk meningkatkan tumbuh kembang pada anak.
Kata Kunci : permainan tradisional; pertumbuhan; perkembangan; anak
References
Creswell, Jhon W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif,
Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Muslihin, H. Y., Respati, R., Shobihi, I., & Shafira, S. A. 2021. Kajian
Historis dan Identifikasi Kepunahan Permainan Tradisional. Jurnal
Sosial Budaya, 18(1).
http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/1
Rombot, O. (2017) Penerapan permainan tradisional untuk
mengembangkan keterampilan sosial dan motorik kasar anak usia
-5 tahun : penelitian tindakan kelas TK B HHK Gem. Unpublished
Dissertation. Tangerang: Universitas Pelita Harapan.
Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. 2017 Meningkatkan Kemampuan
Dasar Anak Tradisional Games in Improving Children ’ S Basic
Abilities. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48–53.
Saputra, S. Y. 2017. Permainan Tradisional vs Permainan Modern
dalam Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar. ESEJ
(Elementary School Education Journal), 1(1), 1–7. Retrieved from
http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/873
Tedjasaputra, M. 2007. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta:
Penerbit Grasind.
Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam
Budaya dan Perkembangan Anak. Jurnal Paradigma, 02, 1–5.
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai
Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE: Journal of Sport Science and
Education, 3(2), 55.