PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN EDUKASI CARA MEMANFAATKAN TEKNOLOGI UNTUK MEMBUAT GAME EDUKASI SEDERHANA
Abstract
Pengabdian masyarakat identik dengan Perguruan Tinggi yang senantiasa mengamalkan Tri Dharma, salah satunya adalah pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat dilakukan di Griya Panti dan Dhuaffa. Kegiatan ini adalah tentang bagaimana memanfaatkan perkembangan teknologi dengan platform desain canva yang di lakukan di lingkungan panti. Akan lebih baik lagi jika kegiatan ini dilakukan dengan alat yang lebih memadai contohnya dengan menggunakan proyektor. Tujuan dari pengabdian masyarat ini adalah untuk mengenalkan salah satu kemajuan teknologi yang dapat kita manfaatkan. Metode pembelajaran adalah denganmengenalkan aplikasi canva terlebih dahulu, lalu menjelaskan alur pembuatan dan mempratekkan secara langsung. Hasil dari kegitan ini dilakukan oleh anak-anak dengan memanfaatkan platform desain canva. Dari kegiatan ini anak-anak dapat mengerti cara mengoperasikan aplikasi canva tersebut dengan cara membuat game edukasi seerhana. Target dari kegiatan ini adalah anak-anak yang ada di panti. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kita harus mengikuti dan memahami tekonologi yang semakin maju, akan tetapi tidak semua orang dapat memahaminya.. Kegiatan ini memanfaatkan platform Canva sebagai aplikasi desaindan komunikasi visual.
Kata Kunci : teknologi; canva; game edukasi
References
Lubis, I., & Lubis, H. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Informasi
saat Pandemi Covid-19.
Mayeni, M. (2017). SosialisasiTeknologi Informasi: Pengabdian
Masyarakat pada Siswa SMK Taruna Bhakti Depok. JATI EMAS
(Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 1(1), 21.
https://doi.org/10.36339/je.v1i1.15
Noor Peneliti pada Puslitjaknov Balitbang Kemdiknas, I. H. (n.d.).
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi.
Samsugi, S., Nurkholis, A., Permatasari, B., Candra Nugroho, A., &
Bagus Prasetyo, A. (2020). INTERNETOF THINGS UNTUK
PENINGKATAN PENGETAHUAN TEKNOLOGI BAGI SISWA. Journal of
Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 173–
https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index. php/teknoabdimas
Sari, F., Suhaidi, M., Febrina, W., Studi Teknik Informatika, P., Tinggi
Teknologi Dumai, S., & Studi Teknik Industri, P. (2021). Pelatihan
Pembuatan MediaPembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi
Informasi. 01(01), 14–19.
Utami, F., & Prasetyo, I. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui
Program Pengabdian Masyarakat dalam Meningkatkan Kemampuan
Pemasaran Produk. Journal of Millennial Community, 2(1), 20–27.
http://journal.unimed.ac.id/index.php/jce
Wisnumurti, W., Faulina, T., &Novari, S. (2023). PELATIHAN
OPTIMALISASI MICROSOFT OFFICE UNTUK MENINGKATKAN
KEGIATAN MAHASISWA MAHASISWI PADA PENGABDIAN
MASYARAKAT DI UNIVERSITAS MAHAKARYA ASIA BATURAJA.
BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 410–415.
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1
Zainul Ali, Z. (n.d.). KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT
DARI RUMAH BERBASIS MODERASI BERAGAMA. In DEDIKASI:
Jurnal Pengabdian ( Masyarakat (Vol. 3, Issue 2).
www.e-journal.metrouniv.ac.id