PENERAPAN ETIKA DALAM SOSIAL MEDIA DAN ILMU TEKNOLOGI DIGITAL MELALUI APLIKASI TIKTOK DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI
Abstract
Kegitan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat yang mencakup upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia antara lain dalam hal perluasan wawasan, pengetahuan maupun peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh aktifitas Akademika sebagai perwujudan dharma bakti serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat luas terlebihbagi masyarakat ekonomi lemah. Kurangnya pemahaman generasi muda dalam menggunakan media social sering kali berdampak negative dengan membuat konten konten yang kurang bermanfaat dan bahkan dapat merugikan pihak lain baik verbal maupun non verbal. Untuk itu kegiatan yang di adakan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya beretika dalam bersosial media dan memanfaatkan teknologi digital untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya melalui aplikasi Tik Tok. Rencana kegiatan yang akan di lakukan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara langsung. Dalam pengabdian ini dibagi kedalam beberapa sesi. Sesi pertama adalah mengaplikasikan etika dalam bermedia social, yaitu memberikan wawasan kepada kalangan generasi muda untuk lebih menjaga etika dalam komunikasi saat menggunakan media social. Sedangkan sesi kedua berupa praktek pelatihan pembuatan tik tok terutama tik tok shop. Sasaran dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah kalangan anak-anak sekolah Yayasan Pendidikan Amagi Indonesi, pondok aren, Tangerang Selatan. Kegiatan ini meliputi bagaimana caraberetika yang baik dan benar serta bagaimana cara kita untuk mempromosikan suatu produk yang mereka miliki agar dikenal oleh masyarakat luas dan untuk mendapatkan pendapatan dengan tujuan agar santriawan dan santriawati mampu menerpakan aplikasi TikTok tersebut dengan benar dan bermanfaat pula bagi mereka. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa TikTok merupakan sarana promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Adapun saran yang penulis anjurkankepada para pembaca maupun peserta pelatihan kegiatan, adalah untuk lebih bijak lagi menggunakan social media, gunakan untuk hal hal yang bermanfaat.
Kata Kunci: Sosialisasi; Aplikasi Tik Tok; Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat
References
Budiman, A. (2021, 06 21). Peranan Aplikasi TikTok Dalam
Mempromosikan Bisnis, yang Dapat Membantu Pemulihan
Perekonomian Indonesia. Diambil kembali dari
https://www.kompasiana.com/andi21
/60ce985806310e396a6b53e2/peranan-%20aplikasi-tiktok-
dalam-bisnis- yang-dapat-membantu-pemulihan- perekonomian-
%20indonesia
Febi Afriani, A. A. (2020, 0906). Penerapan Etika Komunikasi di Media
Sosial. Diambil kembali dari
http://jce.ppj.unp.ac.id/index.php/jce/article/view/372
Ifyan, H. (2022, 07 05). IMPLEMENTASI AKAD JU’ALAH DALAM
APLIKASI. Diambil kembali dari
http://digilib.uinkhas.ac.id/11577/1/Hijar%20Ifyan_S20172009.pdf
Maya Marselia, M. (29 Agustus 2017). ETIKA DALAM PENGGUNAAN
SOSIAL MEDIA. Nur Afiah, M. H. (2022, 11). Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner
di Kota Makassar. Diambil kembali dari
http://eprints.unm.ac.id/28615/1/Anali
sis%20Pemanfaatan%20Aplikasi%20TikTok%
Oktriwina, A. S. (2022, 11). TikTok Shop: Apa Itu, Cara Pakai, Tips
Jualan, danCara Belanja. Diambil kembali dari
https://glints.com/id/lowongan/tiktok- shop-adalah/
Rokhayah, S. (2021, 07 26). Etika Bermedia Sosial. Diambil kembali
dari
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pekalongan/baca-artikel
/14086/Etika-Bermedia- Sosial.html
Tok, T. (2021, 05 27). Didukung oleh Kemenkop UKM dan Kemenperin
RI, TikTok Selenggarakan #MajuBarengTikTok untuk Percepat
Digitalisasi Usaha dan Industri Kecil Menengah di Indonesia.Diambil
kembali dari
https://newsroom.tiktok.com/inid/tiktok-selenggarakan-maju-
barengtiktok-untuk-percepat-digitalisasi- usaha-dan-industri-kecil-
menengah-diindonesia