UPAYA PENINGKATAN BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL DI PASAR PEKAYON
Abstract
P(M)KM ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi pelaku pedagang Pasar Pagi Pekayon melalui media sosial. P(M)KM ini menggunakan metode penjelasan, diskusi dan praktik. Metode penjelasan dilakukan dengan menyampaikan materi terkait branding dan media sosial secara langsung kepada para pelaku pedagang di Pasar Pagi Pekayon. Metode diskusi, interaksi antara dua orang atau lebih yang membahas ilmu pengetahuan dasar. Metode ini untuk memfasilitasi pelaku Pedagang yang ingin menanyakan materi yang belum dipahami. Pada metode praktik pelaksanaannya dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki, yaitu mempraktikkan cara penggunanaan media sosial sebagai sarana pemasaran produk. Proses P(M)KM dilakukan dengan menganalisis berbagai persoalan pedagang terkait dengan upaya peningkatan branding, ditemukan fakta bahwa sebagian besar pedagang yang ada di Pasar Pagi pekayon tidak mengerti cara-cara pemasaran menggunakan media sosial. Upaya yang dilakukan untuk menangani hal tersebut adalah dijelaskan pemasaran yang berisi tentang gambaran umum kondisi Pasar Pagi Pekayon, yang di promosikan melalui meda sosial baik instagram, whatsapp, facebook dan jugayoutube. Bentuk P(M)KM berupa menganalisis berbagai persoalan yang di hadapi dan berusaha mencari jalan keluar, terkhusus dalam hal ini adalah hal yangmenunjang pemasaran berbasis media. Hasil P(M)KM ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan nilai ekonomi pelaku pedagang melalui media soial dititik beratkan pada 5 hal, yaitu identifikasi masalah, pentingnya branding dan legalitas usaha, pengemasan produk, katalog dan iklan yang menarik.
Kata Kunci : branding; sosial media; pedagang pasar pagi pekayon
References
Hoyer, W. D., & Brown, S. P. (1990). Effects of Brand Awareness on
Choice for a Common, Repeat- Purchase Product. Journal of
Consumer Research, 17, 141–148.
Huang, R., & Sarigöllü, E. (2014). How Brand Awareness Relates to
Market Outcome, Brand Equity, and the Marketing Mix. In T.-M. Choi
(Ed.), Fashion Branding and Consumer Behaviors: Scientific Models
(pp. 113–132). New York, NY: Springer.
Macdonald, E. K., & Sharp, B. M. (2000). Brand Awareness Effects
on Consumer Decision Making for a Common, Repeat Purchase
Product: A Replication. Journal of Business Research, 48, 5–15.
Setiawati, Sri Dewi, et al. “Strategi Membangun Branding Bagi
Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.†JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, 2019, pp. 125–36. Soleh, Ahmad. “Strategi Pengembangan Potensi Desa.†Jurnal
Sungkai, vol. 5, no. 1, 2017, pp. 35–52.
Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kuantitatif Di Dalam Penelitian
Agama.†Evangelika: Jurnal Teknologi Injili Dan Pembinaan
Warga Jemaat, vol. 4, no. 1, 2020, pp. 28-38.