PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER APLIKASI DIGITAL PAINT
Abstract
Pendidikan anak diusia dini sangat dipengaruhi oleh media pembelajaran yang diberikan, semakin mudah diterima, semakin baik media pembelajaran tersebut menjalankan fungsinya sebagai alat interaksi Pendidikan. Komputer sebagai media pembelajaran anak memiliki sejumlah keunggulan yang signifikan khususnya pada kemampuannya dalam menyajikan materi pembelajaran secara interaktif dan menarik. Salah satunya penggunaan aplikasi digital paint yang memungkinkan anak-anak untuk belajar melalui pengalaman praktik, dengan membuat dan mengedit gambar serta memanfaatkan beragam fitur kreatif yang disediakan. Program Pengabdian (Mahasiswa) Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan mereka kesempatan untuk mengenal dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer melalui aplikasi paint. Era sekarang ini sangat dibutuhkan keahlian dalam media digital sesuai perkembangan zaman yang maju, sehingga pemting untuk masa depan. Penelitianini menggunakan metode observasi langsung, dimana melakukan beberapa sesi kegiatanyang meliputi, pengenalan dan pelatihan, sesi pembelajaran menggunakan media pembelajaran komputer, sesi pengawasan dan bimbingan, evaluasi dan pemantauan kegiatan di lokasi. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi paint sebagai sarana pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan visual anak-anak di usia dini di Panti Asuhan Dompet Yatim dan Dhuafa Rempoa. Setelah adanya kegiatan ini, disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi paint sebagai sarana pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan visual anak-anak di usia dini di Panti Asuhan Dompet Yatim dan Dhuafa Rempoa. Diharapkan agar kegiatan semacam ini bisa dilakukan secara berkala di tempat yang sama bahkan di tempat lainagar memajukan pengetahuan dan keterampilan anak untuk masa depan.
Kata Kunci: pendidikan; komputer; media pembelajaran; aplikasi paint
References
Darmawan, D. (N.D.). Sim Berbasis Ict Dalam Mengembangkan Digital
Library.
Dewi, W. W., Muhammad, M., & Karim, B. (2018). Pengaruh Media
Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint Terhadap Kemampuan
Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 22
Balongpanggang.
Eni Fariyatul Fahyuni, S. P. M. Pd. I. (n.d.). Teknologi, Informasi, Dan
Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam). Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi
Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal
of Studies in Early Childhood Education (J- SECE), 1(1), 75.
https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590
Beny Indrawan, G., Ayu Gita Mulya Sari, G., Utari Darma Putri, K.,
Prima Handayani Putri, D., Joni Erawati Dewi.
L., & Studi, P. (2022). Pelatihah Dasar Penggunaan Aplikasi Microsoft
Office Dan Paint Di Sekolah Dasar Negeri 1 Umeanyar. In Jurnal
Widya Laksana (Vol. 11, Issue 1).
Elminah, A.-M., & Budiarti, E. (2022). Penggunaan Aplikasi Paint
Menstimulasi Kemampuan Menggambar Serta Mewarnai Kelompok
B di TK.
Marwah, K., Hasibuan, A. A., Tambunan, A., Gunawan, A.,
Muhammadiyah, U., &Utara, S. (2020). Maslahah Jurnal
Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Aplikasi Paint Di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal Ar-Ridho Medan Amplas.
Pendidikan, J., & Humaniora, S. (2023). Membuat Pembelajaran
Visual dengan Memanfaatkan Aplikasi Paint (Vol. 1, Issue 2).