PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER APLIKASI DIGITAL PAINT

Authors

  • Arniwati - Gea Universitas Pamulang
  • Novianti Dwi Rahayu Universitas Pamulang
  • Nurlatifah - - Universitas Pamulang
  • Vanesa Diyan Pratiwi Universitas Pamulang

Abstract

Pendidikan anak diusia dini sangat dipengaruhi oleh media pembelajaran yang diberikan, semakin mudah diterima, semakin baik media pembelajaran tersebut menjalankan fungsinya sebagai alat interaksi Pendidikan. Komputer sebagai media pembelajaran anak memiliki sejumlah keunggulan yang signifikan khususnya pada kemampuannya dalam menyajikan materi pembelajaran secara interaktif dan menarik. Salah satunya penggunaan aplikasi digital paint yang memungkinkan anak-anak untuk belajar melalui pengalaman praktik, dengan membuat dan mengedit gambar serta memanfaatkan beragam fitur kreatif yang disediakan. Program Pengabdian (Mahasiswa) Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan mereka kesempatan untuk mengenal dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer melalui aplikasi paint. Era sekarang ini sangat dibutuhkan keahlian dalam media digital sesuai perkembangan zaman yang maju, sehingga pemting untuk masa depan. Penelitianini menggunakan metode observasi langsung, dimana melakukan beberapa sesi kegiatanyang meliputi, pengenalan dan pelatihan, sesi pembelajaran menggunakan media pembelajaran komputer, sesi pengawasan dan bimbingan, evaluasi dan pemantauan kegiatan di lokasi. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi paint sebagai sarana pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan visual anak-anak di usia dini di Panti Asuhan Dompet Yatim dan Dhuafa Rempoa. Setelah adanya kegiatan ini, disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi paint sebagai sarana pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan visual anak-anak di usia dini di Panti Asuhan Dompet Yatim dan Dhuafa Rempoa. Diharapkan agar kegiatan semacam ini bisa dilakukan secara berkala di tempat yang sama bahkan di tempat lainagar memajukan pengetahuan dan keterampilan anak untuk masa depan.

Kata Kunci: pendidikan; komputer; media pembelajaran; aplikasi paint

Author Biographies

Arniwati - Gea, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Novianti Dwi Rahayu, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Nurlatifah - -, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

Vanesa Diyan Pratiwi, Universitas Pamulang

Program Studi Sarjana Akuntansi

References

Darmawan, D. (N.D.). Sim Berbasis Ict Dalam Mengembangkan Digital

Library.

Dewi, W. W., Muhammad, M., & Karim, B. (2018). Pengaruh Media

Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint Terhadap Kemampuan

Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 22

Balongpanggang.

Eni Fariyatul Fahyuni, S. P. M. Pd. I. (n.d.). Teknologi, Informasi, Dan

Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam). Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi

Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal

of Studies in Early Childhood Education (J- SECE), 1(1), 75.

https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Beny Indrawan, G., Ayu Gita Mulya Sari, G., Utari Darma Putri, K.,

Prima Handayani Putri, D., Joni Erawati Dewi.

L., & Studi, P. (2022). Pelatihah Dasar Penggunaan Aplikasi Microsoft

Office Dan Paint Di Sekolah Dasar Negeri 1 Umeanyar. In Jurnal

Widya Laksana (Vol. 11, Issue 1).

Elminah, A.-M., & Budiarti, E. (2022). Penggunaan Aplikasi Paint

Menstimulasi Kemampuan Menggambar Serta Mewarnai Kelompok

B di TK.

Marwah, K., Hasibuan, A. A., Tambunan, A., Gunawan, A.,

Muhammadiyah, U., &Utara, S. (2020). Maslahah Jurnal

Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Aplikasi Paint Di TK Aisyiyah

Bustanul Athfal Ar-Ridho Medan Amplas.

Pendidikan, J., & Humaniora, S. (2023). Membuat Pembelajaran

Visual dengan Memanfaatkan Aplikasi Paint (Vol. 1, Issue 2).

Downloads

Published

2023-10-16