PENGENALAN AKUNTANSI DASAR MELALUI MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA SDN PAMULANG TIMUR 01
Abstract
Minat belajar siswa terhadap akuntansi seringkali rendah karena sifat materi yang abstrak dan sulit dipahami. Pelaksanaan pada bulan Oktober tahun 2023 dengan media permainan monopoli di SDN Pamulang Timur 01 untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran akuntansi. Pelaksanaan melibatkan 30 siswa, dengan fokus pada keaktifan dan hasil pembelajaran. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran yang menarik dapat diukur dari keaktifan siswa, yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman mereka terhadap materi akuntansi. Siswa yang aktif dalam proses pembelajaran ditandai dengan partisipasi aktif. Monopoli sebagai permainan papan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mengajarkan konsep ekonomi secara sederhana. Dalam pelaksanaan kegiatan, sekitar 89% siswa menunjukkan keaktifan dan antusiasme, sementara 11% siswa kurang aktif karena kurangnya rasa percaya diri. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa penggunaan media monopoli dapat meningkatkan minat belajar siswa, mengembangkan kreativitas, kerjasama tim, persaingan sehat, dan jiwa sportivitas. Seluruh guru harus lebih aktif dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.
Kata Kunci: minat; akuntansi; monopoli; keterlibatan siswa