PENGGUNAAN PERMAINAN ONLINE UNTUK PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL UNTUK MEMPEROLEH UANG
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat adalah konsep yang menekankan kontribusi nyata dan positif terhadap masyarakat. Penggunaan permainan online sebagai alat pembelajaran sosial dan emosional dengan tujuan memperoleh uang menarik perhatian dalam masyarakat. Latar belakangnya melibatkan pergeseran prespektif pendidikan ke arah pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Masalah muncul dari kebutuhan akan inovasi dalam menyatukan permainan online dengan tujuan pendidikan dan ekonomi. Tujuan pengabdian ini adalah mengembangkan permainan edukatif yang tidak hanya meningkatkan keterampilan sosial dan emosional, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan. Pengabdian ini bertujuan membuka peluang baru untuk pengembangan diri sambil merespons tantangan ekonomi di tengah era modern. Diharapkan hasil pengabdian ini dapat memberikan dampak positif baik dalam aspek sosial dan emosional maupun ekonomi, menciptakan lingkungan pembelajaran yang bermanfaat dan berkelanjutan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode dengan fun learning dimana kami membuat suasana menjadi lebih cair dan menyenangkan, sehingga membuat siswa-siswi menjadi lebih interaktif selama pemaparan materi berlangsung. Kita juga dapat melihat bahwa bermain game online bisa membuka peluang untuk menghasilkan uang, misalnya melalui berbagai kompetisi yang semakin populer. Namun, penting untuk menekankan bahwa pendidikan tentang manajemen sosial dan emosional menjadi hal yang utama Kesimpulannya pengabdian menggunakan metode ini sangat cocok serta efektif untuk meningkatkan sosial dan emosional permainan online. Perlunya perhatian khusus terhadap gaya belajar individu dengan kebutuhan anak dalam meningkatkan minat dalam belajar sosial dan emosional permainan online untuk menghasilkan uang
Kata Kunci: game online; pembelajaran emosional; sosial; remaja; menghasilkan uang; dampak positif