PENERAPAN METODE FONIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA DINI

Authors

  • Nuranisa Program Sarjana Studi Akuntasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Nida Usaripah Program Sarjana Studi Akuntasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Al Fiyah Nur Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Heidi Rima Indira Program Sarjana Studi Akuntasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Abstract

Bahasa Inggris bukan hanya menjadi bahasa asing atau bahasa internasional yang dipelajari di sekolah mulai tingkat PAUD (BIDANG PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) sampai tingkat berikutnya. Kecenderungan masyarakat akan penguasaan bahasa asing tersebut, membuat berbagai lembaga pendidikan saling berlomba membuat program yang memasukkan Bahasa Inggris sebagai salah satu keahlian yang dikembangkan, khususnya bagi anak usia dini. Untuk itu, beberapa lembaga PAUD atau TK berlomba untuk memasukkan Bahasa Inggris dalam kurikulum mereka. Anak-anak yang berada di PAUD Persoalannya adalah pelajaran Bahasa Inggris untuk PAUD menuntut penanganan khusus yang berbeda dengan pelajaran kepada kelompok umur yang lain. Metode fonik adalah tawaran model pembelajaran bahasa untuk anak usia dini dan dikembangkan dengan mengoptimalkan seluruh keterampilan berbahasa, menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Metode ini menekankan pada pelajaran alfabet yang diberikan terlebih dahulu kepada anak- anak, mempelajari nama-nama huruf dan bunyinya. Setelah mereka mempelajari bunyi huruf mereka akan mulai merangkum beberapa huruf tertentu untuk membentuk kata- kata. (Virdyna, 2015).

Kata Kunci: pendidikan anak; keterampilan berbahasa; pembelajaran

Downloads

Published

2024-03-18