MEMBANGUN PEMIMPIN MASA DEPAN “TODAY A READER, TOMOROW IS LEADER” MELALUI PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DAN KREATIVITAS
Abstract
Pengabdian Mahasiswa Kepada Mayarakat ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif pada perkembangan potensi kepemimpinan anak-anak di Tingkat TK hingga SMP. Dengan judul “Today a Reader, Tomorrow is Leader” program ini mengintegrasikan pengajaran bahasa Inggris, permainan, bernyanyi, dan kegiatan mewarnai sebagai metode untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas. Latar belakang penelitian ini adalah kurang pendekatan holistic dalam pengembangan kepemiminan anak-anak di lingkungan Pendidikan formal. Melalui kolaborasi dengan mitra kami, Taman Baca PEKA, kami mengidentifikasi bahwa kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dan keterampilan sosial sangat penting dalam membentuk pemimpin masa depan. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak-anak, merangsang kreativitas, dan membentuk sikap kepemimpinan. Metode pengabdian mencakup serangkaian sesi pembelajaran interaktif dengan fokus pada bahasa Inggris, permainan, bernyanyi, dan kegiatan mewarnai. Evaluasi dilakukan melalui observasi, penilaian proyek, dan pengumpulan umpan balik dari pengajar dan siswa. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berbahasa Inggris, kreativitas, dan kepercayaan diri siswa. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa pendekatan yang holistik dan kreatif dalam pengajaran dapat secara positif memengaruhi perkembangan kepemimpinan anak-anak. Oleh karena itu, disarankan agar pendekatan serupa dapat diterapkan di tingkat pendidikan yang lebih luas untuk membangun pondasi yang kuat bagi pemimpin masa depan.
Kata Kunci: kepemimpinan anak-anak; kreativitas; pendidikan; sosialisasi