RE-BRANDING, RE-PACKING, DAN REPROMOTINGROKUPANG ANAK KIT
Abstract
Tren kewirausahaan saat ini sedang mengalami peningkatan, melibatkan berbagai kalangan mulai dari remaja hingga dewasa. Sejalan dengan pergeseran dari ekonomi era 3.0 menuju 4.0, terjadi berbagai perubahan, terutama dalam pengaruh teknologi terhadap berbagai jenis usaha. Usaha Roti Kukus Panggang (Rokupang) "Anak Kita" merupakan UMKM yangberkembang di Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Kurangnya pengetahuan tentang manajemen usaha dan strategi yang diperlukan dalam menjalankan usaha ini mendorong kami, sebagai pelaku usaha, untuk melakukan perbaikan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada pelaku usaha guna meningkatkan kapasitas bisnis dengan membangun identitas merek melalui proses re-branding, re-packing, dan re-promoting. Tujuannya adalah agar kegiatan ini bermanfaat bagi para pelaku usaha dan juga untuk meningkatkan kualitas, nilai, serta kemampuan pemasaran, baik secara offline maupun online. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Participatory ActionResearch (PAR), metode ini melibatkan pihak-pihak yang relevan secara aktif dalam mengevaluasi tindakan yang sedang berlangsung. Kontribusi dalam proses re-branding, re- packing, dan re-promoting untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk Rokupang. Sebagai pengusaha Rokupang, kami berpartisipasi aktif dalam kegiatan re- promoting untuk meningkatkan daya tarik Roti Kukus Panggang. Kegiatan ini adalah mengasilkan citra bisnis yang inovatif, rasa yang lezat, kemasan produk yang inovatif dan kreatif, serta digitalisasi pemasaran "Rokupang Anak Kita" melalui layanan Go-food, Grab- food, WhatsApp, dan Instagram sebagai platform pemasaran digital. Hal ini bertujuan agar dapat bersaing dan berkembang secara signifikan, menjadikan usaha ini sebagai peodukunggulan di bidangnya.
Kata Kunci: re-branding; pengemasan ulang; promosi ulang