PENINGKATAN KAPASITAS USAHA CHEESEROLL DALAM MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN MELALUI RE-BRANDING DAN REPACKING

Authors

  • Hikma GR Universitas Cendekia Abditama
  • Rizka Anjani Universitas Cendekia Abditama
  • Yunita GR Universitas Cendekia Abditama
  • Desti RamandaN Universitas Cendekia Abditama
  • Fauzan W Universitas Cendekia Abditama
  • Hanna W Universitas Cendekia Abditama
  • Selvi A Universitas Cendekia Abditama
  • Yehezkiel A Universitas Cendekia Abditama

Abstract

Perekonomian Indonesia tidak lepas dari besarnya peran UMKM yang terus berkembang dengan berbagai produknya, baik barang maupun jasa. Usaha Cheeseroll “Dhefurs” merupakan salah satu usaha kecil menengah yang sedang berkembang di Perum 1 Kota Tangerang. Melalui mata kuliah kewirausahaan diharapkan mahasiswa mampu menerapkan dan mengimplementasikannya dalam program kreatif mahasiswa untuk mewujudkan ide-ide kreatifnya menjadi kewirausahaan. Selain itu juga dilakukan pengembangan ide usaha yang meliputi rencana usaha dan pemaparan nilai keuntungan serta prospek peluang pengembangan usaha untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Upaya pengembangan usaha mikro “Cheeseroll ‘Dhefurs” penting dilakukan karena menurut branding yang ada saat ini tidak pasaran dan tanpa desain, mata kuliah ini dapat menambah pengetahuan repackaging dan rebranding pada perusahaan mahasiswa. Peran mata kuliah kewirausahaan dalam mengembangkan kewirausahaan mahasiswa dapat mendorong kewirausahaan, pentingnya kewirausahaan dalam menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri, dan membuka peluang bagi orang lain melalui kewirausahaan. Bisnis ini sudah berjalan sejak tahun 2022, namun bisnisnya belum mengalami kemajuan baik dari segi inovasi produk maupun pemasarannya. Cheese roll "Dhefurs" merupakan pendamping snack dan snack. Metode yang digunakan dalam pendekatan ini adalah pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yang menerapkan langkah-langkah sebagai berikut: enkulturasi, penemuan, perencanaan, definisi dan refleksi. Strategi pemasarannya menyasar media sosial untuk memperluas jangkauan karena sebagian besar masyarakat kini menggunakan sistem digital untuk berbisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah kewirausahaan menumbuhkan kewirausahaan, pola pikir dan semangat kewirausahaan serta meningkatkan motivasi mahasiswa untuk berwirausaha. Hasil penelitian menemukan kendala dalam pengembangan jiwa kewirausahaan.

Kata Kunci: umkm; cheeseroll; abcd; kewirausahaa

Downloads

Published

2024-03-18