Peningkatan Kapasitas Usaha UMKM Seblak Sunda Njank Kitchen dengan Brand Personality melalui Re-Branding dan Re-Promoting

Authors

  • Idha Azizah Universitas Cendekia Abditama
  • Agus Supriyatno Universitas Cendekia Abditama
  • Neneng Ratna Universitas Cendekia Abditama
  • Melati Kurniasih Universitas Cendekia Abditama
  • Miftahul Jannah Universitas Cendekia Abditama
  • Tri Juliatun Universitas Cendekia Abditama
  • Widia Lailatul M Universitas Cendekia Abditama
  • Meriana Khalifah Universitas Cendekia Abditama
  • Rara Rengiar Universitas Cendekia Abditama

Abstract

Saat ini para pelanggan sudah terbiasa ditawarkan beragam produk dan beragam merek, selain itu tren perdagangan dalam mengembangkan usaha dengan memanfaatkan teknologi menjadi lebih mudah, tidak terkecuali kegiatan bisnis Mahasiswa Akuntansi Universitas Cendekia Abditama bersama UMKM yang berkembang di Desa Merak Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang yaitu “Seblak Sunda ala Njank Kitchen”. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi pelaku usaha dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha dengan membangun kepribadian merek melalui re[1]branding dan re-promoting agar dapat meningkatkan daya tarik pelanggan sehingga UMKM dapat menjadi usaha mikro unggulan. Kegiatan dilaksanakan menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) yaitu sebuah metode yang melibatkan pihak-pihak yang relevan dalam mengkaji sebuah tindakan yang sedang berlangsung. Melalui metode ini, para pelaku usaha Seblak Sunda "Njank Kitchen" turut andil dalam kegiatan membangun kepribadian merek dengan re-branding dan re[1]promoting dalam meningkatkan daya tarik pelanggan terhadap produk Seblak Sunda. Hasil dari kegiatan ini adalah bentuk upaya mewujudkan brand awareness hingga brand spirituality dengan kreatifitas dan inovasi merek melalui re-branding dan re-promoting, serta digitalisasi pemasaran agar Seblak Sunda “Njank Kitchen" mampu bersaing dan berkembang. Digitalisasi pemasaran ini dilakukan untuk mempermudah proses transaksi antara penjual dan pembeli.

Keywords: Re-Branding, Re-Promoting, dan Kepribadian Merek

Downloads

Published

2024-03-18