UPAYA PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL

Authors

  • Desma Zadmi N. P Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Dewi Wulandari Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Ikhwan Adyaputra A Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Sukiman Hasibuan Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Abstract

Menurut Smith et al. (2017) sebanyak 69% konsumen menggunakan internet dan media sosial untuk berbagi informasi tentang produk dan layanan, yang menghadirkan peluang bagi pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran online secara masif dalam rangka menjangkau dan terhubung dengan mereka. Memasuki era globalisasi, remaja merupakan kalangan yang sering menggunakan media internet khusunya media sosial sebagai sarana untuk mencari informasi, hiburan maupun berkomunikasi dengan teman di situs jejaring sosial. Dengan latar belakang tersebut Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) ini bertujuan untuk menjelaskan secara lebih rinci pemanfaatan media social dalam meningkatkan strategi pemasaran digital dengan mengidentifikasi factor – factor yang dapat meningkatkan pemasaran produk melalui media sosial. Melalui analisis terhadap temuan penelitian terkait diharapkan laporan ini dapat memberikan wawasan yang berguna bagi para para pelau bisnis di era digital saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Menurut Arikunto (2017) menyatakan bahwa metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kalimat tertulis atau lisan dari subjek dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggabungkan wawancara terstruktur, wawancara mendalam, dan observasi terhadap siswa SMK Muhammadiyah Tangerang Selatan. fenomena pada saat ini bahwa perbelanjaan secara online semakin meningkat peminatnya dan diprediksi akan tetap menjadi pilihan masyarakat pada saat ini. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi siswa/siswi terkait bisnis yang sudah dimulai maupun yang baru saja ingin memulai untuk meningkatkan penjualan produk dan memperluas pemasarannya kepada masyarakat luar, sehingga dapat meningkatkan perkembangan ekonominya.

 

Kata Kunci: media sosial; strategi; pemasaran digital;

Downloads

Published

2025-01-13