NGABUBURIT SAMBIL BELAJAR DAN MENGENAL BAHASA INGGRIS
Abstract
Pendidikan anak usia dini memegang peran penting dalam pembentukan dasar perkembangan anak. Tradisi ngabuburit merupakan kegiatan yang dinantikan masyarakat Indonesia selama bulan Ramadan. Banyak sekali kegiatan inovatif dan juga bermanfaat yang dapat dilakukan oleh sekelompok mahasiswa pada saat bulan ramadan diantaranya yaitu melakukan kegiatan belajar dan mengenal Bahasa Inggris. Dengan menggunakan media pembelajaran berupa flash card yang didalamnya terdapat beberapa pengetahuan mendasar terkait materi Bahasa Inggris yang sangat cocok untuk disampaikan kepada anak-anak agar dapat mengenal beberapa kosakata dalam Bahasa Inggris. Kegiatan termasuk diskusi, permainan edukatif, dan sesi membaca serta meniru juga dilakukan untuk melatih kepercayaan diri dan juga keberanian anak-anak usia dini. Program ini dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, menciptakan kebiasaan belajar, mempererat interaksi sosial, dan mengurangi stres. Program ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris khususnya pada anak-anak melalui kegiatan ngabuburit yang santai dan menyenangkan. Hasil program ini menunjukkan bahwa ngabuburit yang terstruktur dapat menjadi alternatif yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris di kalangan anak-anak.
Kata Kunci: Ngabuburit; Bahasa Inggris; Anak-Anak Usia Dini; Ramadan;