PENINGKATAN KOSAKATA WARNA DAN SAYURAN DALAM BAHASA INGGRIS DENGAN METODE PEMBELAJARAN FLASHCARD DITAMAN BACA
Abstract
Menghadapi tantangan anak-anak dalam menguasai bahasa Inggris, khususnya kosakata sederhana seperti warna dan sayuran, mahasiswa Universitas Pamulang berinisiatif mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang kreatif dan menyenangkan. Kegiatan yang diadakan di Taman Baca Situ Rompong pada tanggal 21 April 2024 ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berlajar bahasa Inggris yang interaktif dan efektif bagi anak-anak. Dengan memanfaatkan media kartu dengan gambar yang menarik seperti flashcard, mahasiswa berusaha memperkenalkan kosakata baru secara bertahap. Kegiatan ini diawali dengan menciptakan suasana yang ceria melalui dia bersama dan sambutan. Materi kemudian disampaikan dengan gaya yang komunikatif dan diselingi dengan berbagai permainan seru yang melibatkan seluruh peserta. Hasilnya, metode belajar sambil bermain ini terbukti efektif dalam meningkatkan kosakata anak-anak dan membuat mereka lebih bersemangat lagi dalam belajar bahasa Inggris. Selain memberikan manfaat bagi anak-anak, kegaitan ini juga memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa karena berkesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah, juga dapat mengembangkan kemampuan sosial mahasiswa dan juga komunikasi mahasiswa.
Kata Kunci: Pendekatan; Pembelajaran bahasa Inggris; Flashcard;