PELATIHAN TEKNIK MEMBACA CERPEN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA PESANTREN DARUL ISLAH TANGERANG SELATAN
Abstract
Salah satu keterampilan bahasa yang penting untuk dikuasai yang dapat mendukung keterampilan lain adalah membaca yang merupakan perwujudan dari informasi yang diterima melalui mendengarkan dan pembicaraan ke dalam media tulis berupa teks atau bacaan.Penguasaan Keterampilan membaca memungkinkan seseorang memiliki daya serap tinggi terhadap informasi dan pengetahuan dasar akan sesuatu serta memperoleh banyak inspirasi sehingga akan memudahkan penguasaan keterampilan produktif seperti berbicara dan menulis. Kemahiran membaca juga diyakini berpengaruh besar terhadapap kesuksesan dalam pemahaman materi pembelajaran. Permasalahannya adalah tidak semua siswa memiliki minat baca yang tinggi, terlebih membaca teks berbahasa Inggris. Berdasarkan Analisa situasi melalui observasi dan wawancara para santri Darul Islah mengakui bahwa membaca teks berbahasa Inggris kurang disukai dikarenakan tidak memahami arti kata atau keterbatasan kosa kata. Sebagian siswa mengaku mengerti teks berbahasa inggris, namun terkendala oleh kosa kata baru dan kesulitan mentransfer makna struktur yang belum dikuasai. Selain faktor linguistik, hal lain yang menyulitkan adalah karacteristik Bahasa Inggris yang memiliki sistim tata bunyi dan ejaan yang berbeda dengan Bahasa Ibu para santri. Faktor motivasi adalah sangat penting yang dapat ditumbuhkan melalui kegiatan pembelajaran yang menarik seperti membaca cerita pendek. Menyikapi situasi tersebut, Tim PKM Prodi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang tergerak untuk memberikan pelatihan kepada para siswa Pesantren Darul Islah untuk mampu membaca cerita pendek dengan teknik yang benar sehingga menarik dan mudah dipahami oleh pendengar. Membaca cerita pendek dapat menambah penguasaan kosa kata, frase dan struktur kalimat sehingga akan membantu mempermudah pemahaman teks bacaan yang lain. Selain memperkaya inspirasi dan gagasan, teknik membaca cerpen juga memperbaiki cara penyampaian pesan dan berbicara dengan aksen, intonasi dan gaya yang menarik dan mudah dipahami oleh pendengar. Teknik ini selain dapat juga digunakan guru sebagai alternatif teknik pengajaran membaca dan pengembangan materi bahan ajar, hasil analisa dan metode yang diterapkan dapat menjadi rujukan penelitian lebih lanjut dalam hal pengajaran membaca.
Kata Kunci: Ketrampilan membaca; teknik membaca cerpen; pelatihan dan pendampingan