PELATIHAN PENGELOLAAN LAPORAN CASH FLOW DAN STRATEGI IKLAN DIGITAL DALAM UPAYA MENJAGA KEBERLANJUTAN USAHA UMKM KOMUNITAS KUBELENTARA
Abstract
Mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan pelaku UMKM Komunitas Kubelentera yang beralamat di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman juga prakter kepada pelaku UMKM tentang bagaimana dapat mengelola keuangan usahanya dengan konsisten dan membuat laporan cash flow dengan menggunakan aplikasi dari playstore di handphone. Selain itu juga bagaimana dapat menghadapi persaingan usaha dengan cara meningkatkan penjualan dengan menggunakan iklan digital. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, pendampingan, pelatihan dan praktek langsung dengan materi yang diberikan, Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra adalah: [1] Minimnya pemahaman tentang pengelolaan keuangan dan cash flow; [2] Butuhnya pengetahuan dan pendampingan tentang penggunaan iklan digital. Peserta terlihat antusias dan bersemangat, hal ini dapat dilihat dari terjadinya interaksi dua arah, terjadi tanya jawab, diskusi dan berbagi pengalaman dan menjadi wadah penyampain masalah yang mereka hadapi sebagai pelaku UMKM. Hasil dari kegiatan PkM kepada para pelaku UMKM diantaranya adalah kegiatan pendampingan dan sosialisasi berupa pemaparan materi sekaligus diskusi bersama dengan para pelaku UMKM, serta demonstrasi cara penggunaan aplikasi laporan keuangan yang dapat didownload dari Play Store di handphone seperti aplikasi yang namanya “Teman Bisnis”. Selain itu peserta mendapatkan materi terkait bagaimana mengelola keuangan secara akuntabel dengan membuat pembukuan secara konsisten dan benar. Untuk keberlanjutan usaha, selain menjual secara offline maka pelaku UMKM dapat menjual secara digital dengan menggunakan iklan digital.
Kata kunci: laporan cash flow; iklan digital; pelaku UMKM