TRANSFORMASI PRODUK KONVENSIONAL KE DIGITAL : LANGKAH LANGKAH STRATEGIS UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR

Authors

  • Oktafiani Murpytasari Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Anisa Nurhalimah Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Rahma Aura Selyta Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Adzra Salma Safitri Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Abstract

Pemahaman mengenai transformasi produk konvensional ke digital merupakan langkah penting dalam memperluas pasar di masa ini dan dimasa yang akan datang. Pada survei yang dilakukan oleh peneliti di SMPN 61 Jakarta, ditemukan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap transformasi produk konvensional ke digital masih kurang memadai. Hal inilah yang menjadi dasar pentingnya pelaksanaan program PMKM yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pamulang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa/i kelas VIII mengenai pentingnya dalam memperluas pasar. Kegiatan ini menggunakan metode berupa penyuluhan yang dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para siswa/i. Hasil dari kegiatan ini mengungkapkan bahwa mayoritas peserta, yakni siswa/i kelas

VIII memiliki pemahaman yang baru terkait perubahan produk konvensional ke digital. Secara keseluruhan, program PMKM ini menunjukkan bahwa produk digital memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman dan perilaku siswa/i, khususnya pada usia remaja. Penulis merekomendasikan pelaksanaan program literasi ini sebaiknya dilaksanakan secara berkelanjutan dengan melibatkan peran orang tua dan guru sebagai pendamping untuk mendukung keberlanjutan pemahaman siswa/i.

 

Kata Kunci: produk konvensional; produk digital; perubahan;

Downloads

Published

2025-03-01