Inovasi Modern: Strategi Pemasaran melalui Teknologi untuk Proposal Bisnis yang Sukses
Abstract
Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan melalui pengembangan ekonomi kreatif. Pada era globalisasi saat ini social media menjadi layanan untuk usaha dan promosi produk dan jasa. ini diharapkan siswa dan siswi SMA Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqom bisa mendapat wawasan dan ilmu yang bermanfaat sehingga bisa dimanfaatkan ketika masuk ke dunia bisnis atau membangun usaha di era digital saat ini. Peneliti lain telah meneliti tentang aplikasi social media sebagai media digital marketing. Tujuan kami dalam pelaksaan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi dan pengenalan strategi pemasaran melalui teknologi untuk proposal bisnis yang sukses. Metode yang digunakan adalah pemaparan materi dan diskusi tanya jawab. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa siswa dapat membuat content plan mengenai produk yang mereka buat. Berdasarkan hasil pemaparan dan diskusi yang telah dilaksanakan, para siswa dan siswi dapat memahami sebagian besar strategi pemasaran melalui teknologi untuk proposal bisnis yang sukses. Dan para siswa-siswi sangat aktif dalam berpartisipasi dalam sesi tanya jawab sehinga terdapat umpan balik yang baik.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Digital Marketing; Sosial Media;