MARKETING KONVENSIONAL DI ERA DIGITAL

Authors

  • Suparmin Program Studi Sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Edon Ramdani Program Studi Sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Satiman Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Abstract

Pemasaran telah mengalami transformasi yang luar biasa selama bertahun-tahun. Awalnya, kegiatan pemasaran dilakukan secara sederhana, seperti memanfaatkan iklan cetak atau papan reklame. Era digital telah membawa perubahan besar dalam hampir setiap aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia bisnis dan ekonomi. Salah satu sektor yang juga mengalami transformasi signifikan adalah koperasi. Era digital membuka peluang akses pasar yang lebih luas bagi koperasi. Melalui platform e-commerce dan media sosial, koperasi dapat menjual produk dan layanan mereka kepada pelanggan di berbagai wilayah dan negara. Koperasi Syariah Arrahman, tidak terkecuali menghadapi kondisi yang sama dalam mensiasati kemajuan jaman. Salah satu tantangan koperasi adalah meningkatkan jumlah keanggotaan dan juga transaksi simpan pinjam.  Berdasarkan latarbelakang tersebut, maka kami dosen program studi Manajemen dan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang – UNPAM merasa terpanggil untuk dapat mensosialisasikan pentingnya adaptasi marketing di dunia digital untuk terus dapat bertahan dan bersaing dalam konteks persaingan bisnis yang semakin ketat. Pelaksanakan Pengabdian Kepada Masyakarat di sekitar UNPAM dengan cara memberikan materi dengan judul “ Marketing Konvensional Di Era Digital”.   Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Koperasi Syariah Arrahman, Gandul, Depok, Jawa Barat., dengan peserta adalah tenaga pemasarannya. Diharapkan pada sosialisasi pkm ini terjadi diskusi dan tukar pikiran antara dosen sebagai pemberi materi dengan para praktisi pemasaran. Secara keseluruhan, kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para peserta terhadap pentingnya pemasaran beradaptasi di era digital, serta penerapannya dalam aktifitas sehari-hari. Hasil PKM ini akan kami tuangkan dalam bentuk artikel yang kemudian diterbitkan pada jurnal terakreditasi nasional, sehingga dapat menambah khasanah dan sumber referensi bagi para pembacanya.

 

Kata Kunci: Koperasai; Arrahman ; Pemasaran ; Konvensional; Digital;

Downloads

Published

2025-03-01