PENGGUNAAN LAGU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGAR SISWA

Authors

  • Erni Susianti Nainggolan Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • May Triranto Maharini Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

Abstract

Penggunaan lagu dalam pembelajaran bahasa telah banyak diteliti dan terbukti efektif dalam berbagai aspek penguasaan bahasa, termasuk kemampuan mendengar (listening skill). Penelitian oleh Ludke et al (2014) menunjukkan bahwa pembelajaran melalui lagu dapat meningkatkan kemampuan memori siswa dalam mengingat kosakata dan struktur bahasa. Selain itu, lagu-lagu yang dipilih dengan tepat membantu siswa memahami berbagai aksen dan variasi pengucapan dalam bahasa Inggris, yang sangat penting untuk membangun kepercayaan diri dalam mendengar percakapan. Permasalahan yang terjadi di mitra kerja dalam hal ini SDN Cirendeu 02 Tangerang Selatan pada dasarnya sama dengan beberapa kasus di sekolah lain, yaitu kurangnya minat atau motivasi siswa dalam pelajaran bahasa Inggris, kurangnya media pembelajaran di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran, dan kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran secara lisan dalam hal ini listening. Dalam menyikapi permasalahan di atas, tim Pengabdian kepada Masyarakat berusaha memberikan pendalaman materi dan pelatihan kepada siswa/siswi kelas 5 SDN Cirendeu 02 dengan menggunakan teknik active listening approach. Teknik active listening approach mengutamakan kemahiran mendengarkan secara intensif. Siswa terlibat dalam latihan mendengarkan aktif, menggabungkan beberapa aktivitas utama untuk meningkatkan pemahaman mereka: Mendengarkan intensif, identifikasi kosakata, diskusi kelompok, dan permainan kata. Hasilnya adalah pada soal pre test, siswa dapat menjawab soal multiple choice paling tinggi ada di soal no.1 oleh 10 siswa, sedangkan yang terendah ada di soal no. 2 dan 3 oleh 2 siswa. Di bagian soal matching, ada 18 siswa yang bisa menjawab soal di no. 4, sedangkan posisi terendah ada di no 3 dan 5. Sementara pada soal post test, multiple choice terdapat 22 siswa yang mampu menjawab benar soal no.1. Sedangkan hanya 8 siswa yang menjawab benar soal no. 5. Di bagian soal matching, tertinggi pada soal no.4 sebanyak 25 siswa, sedangkan terendah pada soal no. 5 sebanyak 12 siswa.

Kata kunci: Metode active listening; keterampilan mendengarkan; lagu;

Downloads

Published

2025-03-01