TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI DAN TEORI PERKEMBANGAN

Authors

  • Ayunda Sari Universitas Pamulang

Abstract

Anak usia dini (bayi) memiliki karakteristik fisik, biologis, motorik, kognitif, moral dan psikososial yang berbeda dengan usia sebelumnya dan selanjutnya. Oleh karena itu, perawatan dan pendidikan juga khusus untuk anak usia dini dan harus mempertimbangkan tidak hanya pertumbuhan dan perkembangan tetapi juga kesesuaian usia. Untuk itu orang tua dan pengasuh, pendidik dan calon pendidik, para pemangku kepentingan di bidang pendidikan anak usia dini harus bekerja sama untuk memastikan anak berkembang secara optimal dan mencapai potensi penuh mereka. anak usia dini dengan tujuan. Kebutuhan ini disebabkan oleh fakta bahwa masa kanak-kanak adalah masa keemasan kehidupan manusia, di mana fondasi kepribadian untuk kehidupan manusia dewasa berikutnya secara keseluruhan diletakkan.

References

Adnyana, I. W., & Soetjiningsih, S. (2005). The risk of early-onset neonatal sepsis in preterm infants with maternal histologic chorioamnionitis. Paediatrica Indonesiana, 45(4), 160-5.

Adriani, M., & Maria, F. N. (2009). Hubungan Pola Asuh, Asih, Asah dengan Tumbuh Kembang Balita Usia 1 3 Tahun. Indonesian Journal of Public Health, 6(1), 3905.

Colletta, N. D., Satoto, Sockalingâ€Ham, S., & Zeitlin, M. (1993). The child development milestone chartâ€â€An approach to low cost programming in Indonesia. Early Child Development and Care, 96(1), 161-171.

Darmawan, A. C. (2019). Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Jurnal pendidikan khusus, 5(2).

Djuwita, W., & Fakhri, M. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini Pada PAUD Di Kota Mataram. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 87-102.

Eliasa, E. I. (2011). Pentingnya kelekatan orangtua dalam internal working model untuk pembentukan karakter anak (kajian berdasarkan teori kelekatan dari John Bowlby). Yogyakarta: Inti Media Yogyakarta bekerjasama dengan Pusat Studi Pendidikan Anak Usia Dini Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayat. (2005). Peran Smartphone Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 24-29.

Nursalam, R. S., & Utami, S. (2005). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (untuk perawat dan bidan). Jakarta: Salemba Medika.

Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak.Jakarta: EGC Penerbit Buku Kedokteran; 2012.

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77-90.

Sulisyawati. (2017). Pemantauan perkembangan anak balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 4(2).

Yolanda, F. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia Belum Enam Tahun Bersekolah di SD X. Perkembangan Kognitif Anak Usia Belum Enam Tahun Bersekolah di SD X.

Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Downloads

Published

2023-07-21