PERAN ASISTEN GURU (ASSISTANT TEACHER) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MENTARI INTERCULTURAL PRESCHOOL GRAND SURYA JAKARTA BARAT
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan peran asisten guru (assistant teacher) dan kendala yang dihadapi di Mentari Intercultural Preschool Grand Surya Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah desktriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diambil dari sumber data primer dengan melakukan wawanara, observasi dan diskusi. Sedangkan sumber data sekunder seperti artikel jurnal, majalan, koran, buku dan laporan. Hasil dari peran asisten guru di Mentari Intercultural Preschool Grand Surya adalah membantu guru utama (main teacher) dalam menyiapkan materi bahan ajar yang akan digunakan untuk belajar seperti worksheet, homework, art dan bahan ajar lainnya. Asisten guru juga ikut membantu menjaga keamanan kelas selama kelas berlangsung. Ikut berpartisipasi dalam membatu guru mengajar dalam kelas, khususnya di saat circle time. Mengajarkan para siswa untuk mengembangkan motoriknya seperti memegang pulpen, menggunting dan mewarnai. Melaporkan setiap hal yang terjadi dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh para siswa. Laporan tersebut sebagai acuan agar bisa dievaluasi dan diperbaiki. Sedangkan kendala yang dihadapi asisten guru ada 2 yaitu dari siswa dan dari guru utama. Kendala dari siswa yaitu sulit untuk mendisiplinkan dan mengatur para siswa yang usianya masih kecil dan super aktif. Sedangkan kendala dari guru yaitu cara pandang dalam menangani siswa ketika terjadi sesuatu hal di kelas. Cara pandang ini membuat asisten guru bingung untuk berbuat apa. Guru utama juga kerap memberikan tugas ke asisten guru secara tiba-tiba saat jam pulang kerja. Jika ada asisten guru yang melakukan kesalaham kadang tidak ditegur untuk diperbaiki.
References
Adwiyah, Siti Robiatul. (2010). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emotional Anak-Anak Pra Sekolah di TKIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta. Skrpsi.
Arikunto, Suharsimi. (1991). Prosedur Penelitian Menurut Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.
Kuntjaraningrat. (1997). Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama.
Putri, Oktapia. (2017). Peranan Guru Asisten Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Kembaran Banyuman. Skripsi. FKIP.
Suryabrata, Sumadi. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Singarimbun, Masri, dkk. (1995). Metodologi Penelitian Survei. Jakarta : LP3S.
Suryabrata, Sumadi. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Suraya, S. N. (2016). Peran Asisten Guru (Teaching Assistants) dalam Maksimalisasi Proses Pembelajaran di Kelas. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(01).
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41-47.