MANAJEMEN BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Mukhlisin Mukhlisin Universitas Pamulang

Abstract

Sistem manajemen berbasis digital dapat digambarkan sebagai suatu system yang diciptakan untuk melaksanakan pengolahan data yang dapat dimanafaatkan sebagai penunjang pada tugas-tugas rutin, evaluasi, dan pengambilan keputusan untuk memudahkan pengelolaan baik di lembaga pendidikan ataupun lainnya.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui system manajemen madrasah berbasis digital MAN Kota PalopoKota Tangerang Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan manajerial. Sumber data yaitu data primer  bersumber dari kepala sekolah, guru, operator, peserta didik. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri yang berfungsi menetapkan dan memilih informan sebagai sumber data, analisis data, menafsirkan data, serta instrumen dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen madrasah berbasis digital MAN Kota Palopo berfokus kepada peserta didik dengan penerapan pembelajaran berbasis digital (ICT) memiliki aplikasi sangat banyak dan memerlukan keseriusan para pengajar untuk dapat mengembangkan berbagai aplikasi tersebut untuk pembelajaran yang sesuai. Sistem evaluasi pembelajaran berbasis digital sudah dapat dilaksanakan atau diterapkan melalui aplikasi Digital RDM (Raport Digital Madrasah)

Kata Kunci: Digital, Manajemen, Madrasah

 

References

Agung, Iskandar, and Agus Santosa. (2017) "Dinamika LPTK menuju perguruan tinggi kelas dunia (World Class University/WCU)." Perspektif Ilmu Pendidikan 31, no. 1, h. 43-54.

Fatmaningtyas, Intan Dwi, (2020). "Sistem Manajemen Sekolah Dasar Berbasis Web dan Android." INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS: Journal of Information Management 4, no. 2, h. 173-182.

Imtihan, Nurul, "Kultur Sekolah dan Kinerja Peserta Didik Man Yogyakarta Iii." Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 2 (2018), h. 29-48.

Maadi, Alan Suud, (2018). Digitalisasi Manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah di Perguruan Tinggi, FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume 7, Nomor 1, Juli.

Peristianto, Sheilla Varadhila, and Erydani Anggawijayanto. (2020),"Pengelolaan Stres Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul." Covid-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif, h. 161-168.

Rahmadi, Fuji, Munisa Munisa, Salma Rozana, Charles Rangkuti, Rustam Ependi, and Eko Harianto. (2021)"Pengembangan Manajemen Sekolah Terintegrasi Berbasis Sistem Informasi di Sumatera Utara." Fitrah: Journal of Islamic Education 2, no. 2: 96-109.

Susilawathi, (2021) Anak Agung Rai, Umi Muawanah, and Ahmad Ahmad. "Dampak penerapan GSG dimediasi reputasi sekolah terhadap kinerja SMK Swasta di Kota Malang." Jurnal Ekonomi Modernisasi 17, no. 1, h. 69-82.

Ulum, Miftahul, (2020)"Kebijakan standar nasional pendidikan." Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam 11, no. 1, h. 105-116.

Downloads

Published

2023-07-13