Edupreunership sebagai Jawaban Era Tuna
Abstract
Lulusan perguruan tinggi dihadapkan pada tantangan ketersediaan kesempatan kerja. Hal tersebut disebabkan lulusan perguruan tinggi meningkat, akan tetapi tidak sebanding dengan pertumbuhan kesempatan kerja. Disamping itu, lulusan perguruan tinggi dihadapkan pada kondisiera TUNA (Turbulency, Uncertanty, Novelty dan Ambiguity). Mahasiswa harus memiliki tiga kompetensi dalam pengembangannya yaitu pada kemampuan teorinya, prakteknya, dan pengembangan kreatifitas dan inovasi dalam dunia nyata. Metode analisa yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian, bahwa lulusan perguruan tinggi harus dipersiapkan kemampuan dalam analisa peluang kerja, pemahaman kreatif dan inovatif, kemampuan daya kompetensi dan kompetitif. Upaya yang dilakukan dalam era TUNA dalam Lembaga Pendidikan untuk meningkatkan edupreunership diantaranya teacher pheunership, Teaching factory, Bussines center.