Edupreneurship dalam Pendidikan Islam
Abstract
Edupreneurship Islam ialah dimensi sosial yang dikelompokkan dalam muamalah berkaitan dengan hablumminallah dan hablumminannas. Para enterpreneur perlu menyadari bahwa hanya kepada Allah untuk memaksimalkan dan mempertahankan keyakinan dalam berwirausaha dengan jiwa istiqomah dan konsisten akan melahirkan optimisme bahwa usaha yang dijalankan akan sukses dan bersedia mengambil resiko dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fungsi edupreneurshipdalam pendidikan Islam, agar pendidikan Islam memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga enterpreneur yang dilahirkan akan selalu menjalankan muamalah dengan amanah, yang selalu ingat kepda Tuhannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif serta menggunakan pendekatan library research atau pustaka yang berupa buku ataupun jurnal yang membahas mengenai edupreneurship dalam pendidikan Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa edupreneurship Islam memiliki pengaruh yang cukup baik dalam membentuk jiwa enterpreneur yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, dengan memperhatikan rambu-rambu yang dijelaskan dalam Al-Qur’an, sehingga bisa melahirkan penguasaha yang baik dan sholeh, yang tidak melupakan hak dan kewajibannya kepada Tuhan dan manusia.