PENGARUH STRATEGI BISNIS DAN MULTINATIONALITY TERHADAP TAX AVOIDANCE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi bisnis dan multinationality terhadap tax avoidance. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah pe-rusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Metode penelitian sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling sehingga sampel akhir yang didapatkan dengan metode tersebut adalah 90 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel strategi bisnis berpengaruh negatif terhadap tax avoidance. Hasil tersebut karena perencanaan strategi bisnis yang baik dapat digunakan perusahaan untuk menurunkan tingkat perusahaan melakukan tax avoidance, Sedangkan variabel multinationality tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perusahaan yang memperluas atau tidak memperluas jangkauan operasionalnya diluar negara tidak akan mempengaruhi tingkat tax avoidance yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan tersebut.