PENGARUH NILAI PERUSAHAAN, SALES GROWTH DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP TAX AVOIDANCE

Authors

  • Ade Kurnia Wati
  • Adila Ariani
  • Andi Amalia Putri
  • Ani Nur Safitri
  • Anisatul Ajizah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menguji pengaruh nilai perusahaan, sales growth dan kebijakan dividen terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur sektor consumer non cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif dan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 33 perusahaan dengan populasi sebanyak 125 perusahaan. Dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda, yaitu uji statistik deskriptif, analisis model regresi data panel, uji pemilihan model, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan software eviews versi 12. Berdasarkan uji simultan diketahui bahwa nilai perusahaan, sales growth dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa nilai perusahaan dan sales growth tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, sedangkan kebijakan dividen berpengaruh terhadap tax avoidance.

Kata Kunci: Nilai Perusahaan; Sales Growth; Kebijakan Dividen; Tax Avoidance.

Downloads

Published

2024-10-09