PENGARUH SALES GROWTH, INTENSITAS PERSEDIAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN, TERHADAP MANAJEMEN PAJAK

Studi Empiris pada Perusahaan Consumer Non Cyclicals subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022

Authors

  • Indira Dyvia Amanda
  • Meisy Triony Nur Azizah
  • Novellino Satrio Wicaksono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Sales growth , Ukuran Perusahaan dan Intensitas Persediaan terhadap Manajemen Pajak. Variabel independen yang digunakan adalah Sales growth, Ukuran Perusahaan dan Intensitas Persediaan. Variabel dependen yang digunakan adalah Manajemen Pajak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020- 2022. Metode yang digunakan adalah purposive sampling karena penelitian ini memiliki kriteria sampel tertentu yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan metode purposive sampling jumlah sampel perusahaan manufaktur dalam penelitian ini sebanyak 40 sampel. Dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program Eviews versi 12. Berdasarkan hasil uji F dapat diketahui variabel Sales growth, Intensitas Persediaan dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Manajemen Pajak.

Kata Kunci: Sales Growth, Intensitas Persediaan, Ukuran Perusahaan, dan Manajemen Pajak

Downloads

Published

2024-10-09