PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, KEPEMILIKAN ASING DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING

Authors

  • Riyanti Adinda Putri
  • Galuh Permata sari
  • Miftahul Ilma
  • Januar Ilham Pangestu
  • Muh Fauzan Tasbikhi
  • Gabriel Suryadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tunneling Incentive, kepemilikan asing dan ukuran perusahaan terhadap Transfer Pricing. Pengumpulan data dilakukan di Bursa Efek Indonesia melalui website www.idx.co.id.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel yang bertujuan, dengan kriteria untuk perusahaan consumer non cyclicals  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama lima tahun berturut-turut periode 2018-2022, yang menghasilkan 113 perusahaan. Mekanisme pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang di peroleh berjumlah 25 perusahaan. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tunneling Incentive tidak berpengaruh terhadap Transfer Pricing, Kepemilikan Asing berpengaruh terhadap Transfer Pricing dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Transfer Pricing.

Kata kunci: Tunneling Incentive, Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan, Transfer Pricing

 

Downloads

Published

2024-10-09