Pengaruh Tax Minimization, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing
Abstract
This study aims to determine the effect of tax minimization, tunneling incentive, and bonus mechanism in terms of company finances partially and the most dominant variable influencing transfer pricing in food and beverage sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The type of data used is secondary data in the form of financial reports that have been published by the company. This study used a selected sample of 9 companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2020 period, so that the data used were 45 data from the company's annual financial statements. Hypothesis testing is done by using the Eviews 9 application. The results of this study show that partially tax minimization has an effect on transfer pricing. Tunneling incentive has no effect on Transfer Pricing. The Bonus Mechanism has no effect on Transfer Pricing. Meanwhile, simultaneously all variables have an influence on firm value.
References
Agustina, N. A. (2019). Pengaruh Pajak, Multi Nasional,Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014 -2017.
Alimuddin, Azis, S.N., dan Saming, A. (2016). Motives In The Decision of Transfer Pricing. Jurnal Universitas Hasanuddin.
Aharony, J., J. Wang, and H. Yuan. 2010. Tunneling as An Incentive for Earnings Managements During The IPO Process in China, Journal of Accounting and Public Policy. Vol. 29, 1-26.
Anne, H. V. (2017). Pengaruh Tarif Pajak Penghasilan, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentives Terhadap Pergeseran Laba Dalam Melakukan Transfer Pricing Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (2013-2016).
Ardana, M. A. (2019). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Exchange Rate Dan Leverage Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bei Dari Tahun (2015 – 2018).
Ayshinta, P. J., Agustin, H., dan Afriyenti, M. (2019). Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Dan Exchange Rate Terhadap Transaksi Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014 – 2017.
BARLI, H. (2018). Pengaruh Leverage dan Firm Size terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 6(2), 223-238.
Chalimatussa’diyah, Nur. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bei Periode 2015-2018.
Chandraningrum, T.M. 2009. Pengaruh Transfer Pricing terhadap Perencanaan Pajak Bagi Perusahaan Multinasional. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.
Dalimunthe, I. P. (2016). Analisis Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR), Net Interest Margin (NIM), Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Umum yang terdaftar pada BEI (Studi kasus PT. Bank MNC, PT. BCA, dan PT. BTN [Persero] periode 2010-2014). Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 4(1), 833-852.
Desmiyawati. (2015). Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di BEI. Simposium Nasional Akuntansi 18.
E.M. Tiwa, D.P.E Saerang, V.Z Tirayoh. 2017. Pengaruh Pajak dan Kepemilikan Asing terhadap Penerapan Transfer Pricing. Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2.
G.A.R.S Saraswati, I Ketut Sujana. 2017. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi. Universitas Udayana. Vo.19.2.
Ghozali, I. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9, Cet. 9. Semarang: Badan Penerbit-UNDIP.
Hartati, W., Desmiyawati, dan Azlina, N. 2014. Analisis Pengaruh Pajak dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Empiris pada Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Jurnal SNA 17 Mataram. Universitas Mataram. September 2014.
Hartanti, W. (2018). Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi.
Hidayat, W. (2019). Pengaruh Pajak dan Tunnaling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen (JIAM) Vol.15 No.1, 49-59.
Hongren, Charles T., Datar, Strikant M., dan Rajan, Madhav V. (2012) Cost Accounting: A Managerial Emphasis. 14th Edition. Pearson Education Inc.
Irpan. 2010. Analisis Pengaruh Skema Bonus Direksi, Jenis Usaha, Profitabilitas Perusahaan Terhadap Earning Management: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur dan Keuangan yang Listing di BEI Pada Tahun 2008-2010. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Johnson, S., R. La Porta, F. Lopez-de-Silanes, dan A. Shleifer. 2000. Tunneling. American Economic Review 90 (2):22-27.
Kiswanto, N., dan Purwaningsih, A. 2014. Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing. Fakultas Ekonomi. Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.
SUMANTRI, I. I. (2018). Pengaruh Insentif Pajak, Growth Opportunity, dan Leverage Terhadap Konservatisme Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 6(1), 122-145.
Lo, W. Y. A., Raymond, M.K W., and Micheal F. 2010. Tax, Financial Reporting, and Tunneling Incentives for Income Shifting: An Empirical Analysis of the Tranfer Pricing behavior of Chinese-Listed Companies. Journal of the American Taxation Assocation. Vol. 32. No. 2.
Melani, Tria. (2016). Pengaruh Tax Minimization, Mekanisme Bonus Tunneling Incentive dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Tranfer Pricing.
Mintorogo, A. (2019). Pengaruh Tunnelling Incentive dan Debt Convenant Terhadap Pricing yang Dimoderasi Oleh Tax Minimization. Jurnal Akuntansi dan Auditing Vol. 16 No. 1, 30-40.
Mispiyanti, M. (2015). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Journal of Accounting and Investment, 16(1), 62-74.
Mutamimah. (2009). Tunneling Atau Value Added Dalam Strategi Merger Akuisisi di Indonesia. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 2(2). 161-182.
Nitta, S. (2018). PENGARUH HARGA DAN PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG. JURNAL AKUNTANSI BALERANG, 2(2), 155-168.
Noviastika, D., Mayowan, Y., dan Karjo, S. 2016. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Good Corporate Governance Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Perpajakan (JEJAK), Vol.8 No.1.
Nuradila, R. F., & Wibowo, R. A. (2018). Journal of Islamic Finance and Accounting. Tax Minimazation Sebagai Pemoderasi Hubungan Antara Tunneling Intencive, Bonus Mechanism Dan Convenant Dengan Keputusan Transfer Pricing, 1(1), 63-76.
Nurhayati, I. D. (2013). Evaluasi atas Perlakuan Perpajakan terhadap Transaksi Transfer Pricing pada Perusahaan Multinasional di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(1).
Pramana. 2014. Pengaruh Pajak, Bonus Plan, Tunneling Incentive, dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Skripsi. Universitas Diponegoro.
Prawoto, N., & Basuki, A. T. (2016). Model Analisis Komposisi Pengeluaran Publik terhadap Pertumbuhan Ekonomi dalam Mendukung Good Governence. Studi Empiris Kabupaten Kota di Indonesia Tahun 2011-2014. Buletin Ekonomi, 14(2), 177-192.
Purwanto, G.M., & Tumewu, J. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentives dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 14(1), 47-56.
Refgia, T. 2017. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing dan Tunneling incentive Terhadap Transfer Pricing. Fakultas Ekonomi. Universitas Riau Pekanbaru Indonesia.
Rahayu, Ning. 2010. Evaluasi Regulasi Atas Praktik Penghindaran Pajak Penanaman Modal Asing. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Vol. 7, No. 1, 61-78. Universitas Indonesia.
Ravensky, Heru dan Akbar, Taufik. (2019). Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).
Rifkhan, R. (2017). Pengaruh Sikap, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 5(1).
Saifudin. (2019). Determinasi Pajak, Mekanisme Bonus dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Emiten BEI. Agregat Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 1, 32-43.
Sari, C. P. (2020). Tax Minimization, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Tahun 2016-2019. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1-22.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Suprianto, D., & Pratiwi, R. (2017). Pengaruh Beban Pajak, Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing. Jurnal STIE Multi Data Palembang.
Suryatiningsih, N., dan Sylvia, V.S. 2009. Pengaruh Skema Bonus Direksi terhadap Aktivitas Manajemen Laba: Studi Empiris pada BUMN Periode Tahun 2003-2006. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi II.
Tania, Catherine. (2019). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus Dan Keputusan Transfer Pricing, Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei 2014-2017.
Wafirah, N. L, dan Niken Nindya Hapsari, N. N. 2015. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing. EL-Muhasaba, Vol.16, No.2.
Yulianti, S. (2019). Tax Minimization Sebagai Pemoderasi Pada Pengaruh Tunnelling Incentive dan Debt Convenant Terhadap Ketetapan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia Vol. 2 No. 2, 165-179.
Yuniasih, N. W., Rasmini, N. K., dan Wirakusuma, M. G. (2012). Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI. Jurnal Universitas Udayana.