PENGARUH TRANSFER PRICING DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP TAX AVOIDANCE YANG DIMODERASI OLEH SALES GROWTH

Authors

  • Susilawati Susilawati Universitas Mathla’ul Anwar
  • Novelia Kiki Permatasari Universitas Mathla’ul Anwar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis mengenai pengaruh transfer pricing dan financial distress terhadap tax avoidance, yang dimoderasi oleh sales growth. Variable dependen dalam penelitian ini adalah tax avoidance yang diukur dengan menggunakan Effective Tax Rates (ETR), sedangkan variable independennya yaitu transfer pricing diukur dengan mempertimbangkan rasio piutang terhadap pihak berelasi dan financial distress diukur dengan menggunakan model Altman Z-score. Selain itu, keterbaruan dalam penelitian ini adalah adanya variable moderasi yang diikut sertakan dalam penelitian yaitu sales growth. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2021 yang berjumlah 213 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan yang memenuhi kriteria sebagai sampel berjumlah 63 perusahaan. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik dokumentasi. Analisis statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah program SPSS versi 25.0 dengan beberapa uji statistic yang diterapkan seperti analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik, uji Moderated Regression Analysis (MRA), analisis korelasi, uji koofisien determinasi, dan uji hipotesis secara parsial. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Transfer Pricing tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tax avoidance, sedangkan Financial Distress memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance, dan untuk sales growth ternyata tidak mampu memoderasi hubungan antara Transfer Pricing terhadap tax avoidance begitu juga dengan hasil Financial Distress, sales growth tidak mampu memoderasi hubungan antara Financial Distress terhadap Tax avoidance.

 

Kata Kunci : Transfer Pricing, Financial Distress, Tax Avoidance, Sales Growth

Author Biography

Susilawati Susilawati, Universitas Mathla’ul Anwar

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis mengenai pengaruh transfer pricing dan financial distress terhadap tax avoidance, yang dimoderasi oleh sales growth. Variable dependen dalam penelitian ini adalah tax avoidance yang diukur dengan menggunakan Effective Tax Rates (ETR), sedangkan variable independennya yaitu transfer pricing diukur dengan mempertimbangkan rasio piutang terhadap pihak berelasi dan financial distress diukur dengan menggunakan model Altman Z-score. Selain itu, keterbaruan dalam penelitian ini adalah adanya variable moderasi yang diikut sertakan dalam penelitian yaitu sales growth. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2021 yang berjumlah 213 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan yang

memenuhi kriteria sebagai sampel berjumlah 63 perusahaan. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik dokumentasi. Analisis statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah program SPSS versi 25.0 dengan beberapa uji statistic yang diterapkan seperti analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik, uji Moderated Regression Analysis (MRA), analisis korelasi, uji koofisien determinasi, dan uji hipotesis secara parsial. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Transfer Pricing tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tax avoidance, sedangkan Financial Distress memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance, dan untuk sales growth ternyata tidak mampu memoderasi hubungan antara Transfer Pricing terhadap tax avoidance begitu juga dengan hasil Financial Distress, sales growth tidak mampu memoderasi hubungan antara Financial Distress terhadap Tax avoidance.

 

Kata Kunci : Transfer Pricing, Financial Distress, Tax Avoidance, Sales Growth

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles