ADOPTION OF ESG CONCEPT BY SMEs IN INDONESIA: AN INVESTIGATION ABOUT THE INFLUENCE OF STAKEHOLDERS

Authors

  • Yohanes Yohanes Trisakti School of Management

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pelanggan, pemasok, investor, karyawan, administrasi publik, universitas (pusat penelitian), komunitas, dan pesaing terhadap pengambilan keputusan terkait Green Innovation. Populasi penelitian ini adalalah UMKM yang ada di Indonesia dengan jumlah populasi 148 UMKM. Metode pemilihan sampel menggunakan tenik purposive sampling. Data penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda pada data primer pengolahan data dengan bantuan software SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan pemasok, karyawan, administrasi publik, komunitas, dan pesaing berpengaruh terhadap pengambilan keputusan terkait Green Innovation sedangkan pelanggan, investor, universitas dan pusat penelitian, tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan terkait Green Innovation.

Keywords: Green innovation, ESG, stakeholders, UMKM

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles