Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Struktur Modal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Kebijakan Dividen terhadap Struktur Modal pada perusahaan Perusahaan Consumer non-cyclicals Sub Sektor Makanan dan Minuman terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama Tahun 2017 – 2021. Populasi penelitian ini berjumlah 39 perusahaan sektor Energy yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pemilihan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan kriteria tersebut, diperoleh sampel sebanyak 173 sampel dari 39 perusahaan selama lima tahun periode pengamatan. Data yang digunakan adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, uji-F dan koefisien determinasi. Data penelitian diolah menggunakan Eviews12 dengan model terbaik ialah Fixed Effect Model. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Kebijakan Dividen berpengaruh terhadap Struktur Modal. Sedangkan Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap Struktur Modal. Secara simultan, variabel Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan penjualan dan Kebijakan Dividen berpengaruh terhadap Struktur Modal.
Keywords: Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, Kebijakan Deviden