PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENERAPAN MODEL LOGIKA PROPOSISIONAL DAN LOGIKA PREDIKAT

Authors

  • Eti Hayati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p77-84

Keywords:

kemampuan menulis paragraf, model logika proposisional, model logika predikat, penelitian tindakan

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena mahasiswa dalam setiap aktivitas perkuliahan selalu melakukan kegiatan menulis untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahannya. Namun, berdasarkan observasi diketahui bahwa mahasiswa secara umum belum memperhatikan secara detail mengenai kohesi, koherensi dan pemanfaatkan jenis-jenis logika atau penalaran sebagai sarana berfikir ilmiah secara tepat dalam setiap kegiatan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf melalui model logika proposisional dan logika predikat. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan metode penelitian tindakan di Universitas Negeri Jakarta. Data penelitian ini diambil pada mahasiswa jurusan Biologi yang berjumlah 35 mahasiswa dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan dan hasil tes mahasiswa. Hasil analisis dan interprestasi data, ditemukan adanya peningkatan terhadap kemampuan menulis paragraf mahasiswa. Secara kuantitatif, ditemukan bahwa kemampuan mahasiswa paragraf meningkat dari kegiatan siklus I hingga siklus III. Maka, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis paragraf mahasiswa dapat ditingkatkan menggunakan model logika proposisional dan logika predikat. Bagi dosen sangat disarankan menggunakan model logika proposisional dan logika predikat sebagai salah satu model dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf. Selain itu, juga direkomendasikan kepada peneliti lain agar menggunakan penelitian ini sebagai bahan bagi penelitian selanjutnya.

References

Cummings, L. (2007). Pragmatik (Sebuah Perspektif Multidisipliner). Jakarta: Pustaka Pelajar Indonesia.

Djojosuroto, K. (2007). Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Heaton, J. B. (1989). Writing English Language Tests. London: Pearson Education.

Jaszczolt, K. M. (2002). Semantict And Pragmatics. London: Pearson Education.

Khairah, M. & Ridwan, S. (2014). Sintaksis (Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi). Jakarta: Bumi Aksara.

Riemer, N. (2010). Introducing Semantics. London: Cambridge University Press.

Sabarti, A., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (1991). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2017-09-28

How to Cite

Hayati, E. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENERAPAN MODEL LOGIKA PROPOSISIONAL DAN LOGIKA PREDIKAT. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.32493/jpkn.v4i2.y2017.p77-84