Membentuk Sikap Disiplin Siswa Melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v9i1.y2022.p1-14Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor sebab timbulnya pelanggaran tata tertib sekolah di SMP Islam Parung, dalam menciptakan sikap disiplin siswa melalui implementasi tata tertib sekolah dengan baik di SMP Islam Parung, dan untuk mengetahui upaya dalam menyelesaikan pelanggaran tata tertib di SMP Islam Parung. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan faktor penyebab timbulnya pelanggaran tata tertib sekolah di SMP Islam Parung yaitu karena kemauan diri sendiri seperti tanpa adanya ajakan dari pihak manapun, faktor keluarga seperti anak yang kurang perhatian orang tua dan anak korban broken home, dan faktor lingkungan sekolah seperti teman. Melaksanakan peraturan sekolah dengan betul dapat membentuk sikap disiplin pelajar di Sekolah Menengah Islam Parung. Usaha mengatasi pelanggaran peraturan sekolah di SMP Islam Parung. Terdiri dari pada usaha pencegahan dan penindasan. Usaha pencegahan penting sebagai usaha mencegah pelanggaran. Usaha penindasan juga penting dikarenakan pengenaan pemberian sanksi tegas terhadap pelaku pelanggaran adalah upaya mengatasi pelanggaran peraturan. Supaya pelajar yang melanggar peraturan dapat memberikan kesan jera
Kata-kata kunci:Implementasi 1; Tata tertib 2; sikap disiplin 3
References
Alfian., Ratna., dan Euis. 2016. “Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPSâ€. Jurnal Edueksos (Jurnal Online). Vol. 2 No. 2.
Aslamiyah, Siti Suwaibatul. 2020. “Implementasi Tata tertib Sekolah Dalam Penanaman Budaya Disiplin Siswaâ€. Ta’lim (Jurnal Online). Vol. 3 No. 2.
Blegur, Jusuf. 2020. Soft Skill Untuk Prestasi Belajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Darmawan, Darwis dan Siti F. 2016. “Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan Dalam Menjaga Kebersihan Lingkunganâ€. Jurnal Geografi (Jurnal Online). Vol. 4 No. 1.
Elfi., Rosma., Nasir. 2018. “Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam membentuk kedisiplinan siswaâ€. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Unsyiah (Jurnal Online). Vol. 3 No. 2. hal.77.
Fawaid, M Mansyur. 2017. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswaâ€. Jurnal civic hukum (Jurnal Online). Vol.2 No. 1.
Firdianti, Arinda. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Lampung: CV Gre Publishing.
Fitrah, Muh dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian. Jawa Barat: CV Jejak.
Gasong, Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: CV Budi Utama. Handayani, Novi. 2014. “Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinanâ€. Skripsi.
Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Imron, Ahmad, 2020. “The Development Of Islamic Thought On Mltiple Perspectivesâ€. Proceedings. International Conference On Islamic Thought. Pamekasan: 18 Januari 2020.
Jayanti Ratih Priatin Dwi. dan Suharningsih. 2014. “Perbandingan Tingkat Kedisiplinan Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolahâ€. Kajian Moral dan Kewarganegaraan (Jurnal Online). Vol. 2 No. 2. hal.426.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online â€TataTertibâ€.
Kasmawati. 2012. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswaâ€. Skripsi. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Kurniawan, Wisnu Aditya. 2018. Budaya Tertib Siswa di Sekolah. Sukabumi: CV Jejak.
Laugi, Saidah. 2019. “Penerapan Tata Tertib Sekolah Untuk Membangun Disiplin Siswaâ€. Shautut Tarbiyah (Jurnal Online). Vol. 25 No. 2.
. 2019. “Penerapan Tata Tertib Sekolah Untuk Membangun Disiplin Siswaâ€. Shautut Tarbiyah (Jurnal Online). Vol. 25 No. 2.
Mardah. 2018n. “Kepatuhan Peserta Didik Dalam Tata tertib Sekolahâ€. Skripsi.
Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Mila., Jajang., dan Durtam. 2014. “Implementasi Pemberian Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anakâ€. Jurnal Pendidikan Anak (Jurnal Online). Vol. 4 No. 1.
Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Puspitaningrum, Dewi. 2014. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Disiplin Siswa Di SMP Negeri 28 Srabayaâ€. Kajian moral dan kewarganegaraan (Jurnal Online). Vol. 2 No. 2, 2014.
Rahmadi, Pitaya. dan Pancarania, Dinda Putri. 2016. “Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Penghargaan dan Konsekuensiâ€. Jurnal of holistic mathematics education (Jurnal Online). Vol. 4 No. 1.
Serlin. 2018. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswaâ€. Skripsi. Kendari: IAIN Kendari.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V Wiratna. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susiyanto, Mukti Widya. 2014. “Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Disekolah Dalam Rangka Pembentukan Sikap Disiplin Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran (Jurnal Online). Vol. 2 No. 1.
Triani, Meiliana. 2019. “Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Siswaâ€. Skripsi. Kota Tangerang Selatan: Universitas Pamulang.
Tu'u, Tulus. 2018. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.
Pratama, Anika Herman. 2013. “Strategi Pembentukan Disiplin Siswa Melalui Pelaksanaan Tata Tertibâ€. Kajian Moral dan Kewarganegaraan (Jurnal Online). Vol.1 No. 1.
Wijaya, Betty Adinda. 2019. “Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Sikap Disiplin Santriâ€. Jurnal Pendidikan Islam (Jurnal Online). Vol. 4 No. 8.
Yansah, Febri. 2019. “Implementasi Tata Tertib Sekolah dan Reward Punishment Pembentuk Kedisiplinan Siswaâ€. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.